Banyak Keluhan, di Bawah Ridwan Kamil Jalan Rusak di Jawa Barat Setara 4 Kali Panjang Jalan Daendels

Di Jawa Barat yang saat ini dipimpin Gubernur Ridwan Kamil, jalan rusak malah mencapai 4 kali panjang Jalan Raya Pos atau Jalan Daendels.

Aryo
Jum'at, 02 Juni 2023 | 13:15 WIB
Banyak Keluhan, di Bawah Ridwan Kamil Jalan Rusak di Jawa Barat Setara 4 Kali Panjang Jalan Daendels
Ilustrasi, jalan rusak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 2021. (Antara)

Suara Denpasar - Jalan rusak terjadi di mana-mana. Tidak hanya di luar Jawa, di Jawa yang dikatakan sebagai pusat pembangunan di Indonesia juga mengalami hal yang sama.

Di Jawa Barat yang saat ini dipimpin Gubernur Ridwan Kamil, juga banyak keluhan jalan rusak. Bahkan, jalan rusak di Jawa Barat malah mencapai 4 kali panjang Jalan Daendels di Pantura Jawa.

Dikutip dari data BPS Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2023, jalan di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2022 mencapai 28.030,11 kilometer.

Jalan ini terbagi dalam tiga status dan kewenangan. Yakni jalan kabupaten/ kota, jalan provinsi, dan jalan negara/ nasional.

Baca Juga:Waduh! Di Bawah Gubernur Ganjar Pranowo, Jalan Rusak Provinsi Jawa Tengah Hampir 200 Kilometer, Jokowi Mau Bantu?

Secara kewenangan, jalan tersebut juga berbeda-beda. Jalan kabupaten/ kota jadi kewenangan kabupaten, jalan provinsi jadi kewenangan provinsi, dan jalan negara/ nasional menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Nah, dari data BPS tersebut, ternyata banyak sekali jalan rusak. yang terbagi dalam jalan rusak 2.015,96 kilometer, dan jalan rusak berat 2.408,82kilometer. Jika ditotal mencapai 4.424,78 kilometer. Itu setara dengan jalan raya pos atau jalan Daendels.

Diketahui, jalan Daendels merupakan jalan yang dibangun di zaman Gubernur Hindia Belanda HW Daendels yang memanjang dari Anyer, Banten sampai Panarukan, Situbondo. Panjangnya sekitar 1000 kilometer. 

Bahkan, jarak ujung barat Pulau Jawa di Pandeglang, Provinsi Banten sampai ujur timur Pulau Jawa di Banyuwangi, Jawa Timur hanya 1258 kilometer.

Jika panjang jalan rusak di Jawa Barat ini ditarik garis lurus, maka setara dengan 3,5 kali jarak Pandeglang-Banyuwangi lewat Pantura saat ini.  

Baca Juga:Viral Jalan Rusak, Gubernur Lampung Minta Wartawan Matikan Rekaman: Begini Tanggapan IJTI Pusat

Sedangkan yang dalam kondisi baik sepanjang 16.999,93 kilometer. Yang sedang sepanjang 6.605,43 kilometer. 

Jalan rusak tersebut memuat secara keseluruhan jalan dengan status jalan kabupaten/ kota, provinsi, dan nasional.

Dilihat lebih jauh, paling banyak jalan rusak adadi Kabupaten Cianjur yang mencapai 331,79 kilometer jalan rusak berat, dan 201,05 jalan rusak ringan.

Kemudian di Sukabumi yang mencapai 285,45 kilometer jalan rusak berat dan 142,33 kilometer rusak ringan.

Juga di Tasikmalaya yang mencapai 239,55 kilometer jalan rusak berat, dan jalan rusak ringan sepanjang 149,44 kilometer.

Dari 27 kabupaten/ kota di Jawa Barat, hanya Kabupaten Cimahi yang tidak memiliki jalan rusak berat. Hanya ada jalan rusak ringan sepanjang 4,66 kilometer.  Sedangkan 26 kabupaten/ kota di Jawa Barat mengoleksi jalan rusak berat dan rusak ringan. (*)

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak