Harga Mati, Media Harus Bisa Pertahankan Kepercayaan Publik

Hampir semua sendi kehidupan manusia terpengaruh dan berubah

Pratama
Jum'at, 26 Mei 2023 | 07:55 WIB
Harga Mati, Media Harus Bisa Pertahankan Kepercayaan Publik
Wakil Ketua Dewan Pers periode 2022-2025 Muhamad Agung Dharmajaya (kemeja hitam) (Suara Denpasar)

Suara Denpasar - Disrupsi teknologi digital membuat beragam perubahan besar-besaran secara fundamental karena hadirnya teknologi digital.

Hampir semua sendi kehidupan manusia terpengaruh dan berubah. Begitu juga perkembangan industri media di dunia dan tanah air.

Apalagi belakangan ini muncul kecerdasan buatan (AI) yang mulai di uji coba dan mungkin saja bisa menggantikan pekerjaan jurnalis.

"Kedepan apakah akan menggerus pekerjaan jurnalis atau tidak? Temen-temen media online harus bisa beradaptasi dengan adanya AI," kata Wakil Ketua Dewan Pers periode 2022-2025, Muhamad Agung Dharmajaya, Kamis 25 Mei 2023 malam 

Baca Juga:Ketua PHDI Bali Tonton Video Bule Jerman Bugil, Begini Reaksinya

Namun begitu, di tengah gempuran teknologi yang begitu masif. Satu poin utama yang bisa menyebabkan jurnalis dan media bisa bertahan adalah kepercayaan publik. Jadi, ingat dia, begitu pentingnya kepercayaan publik bagi jurnalis dan media.

Untuk itu, Dewan Pers juga mengapresiasi aduan dari masyarakat terkait kerja jurnalis. Sampai Mei ini setidaknya ada 400 pengaduan masyarakat yang diterima oleh Dewan Pers.

Umumnya yang menjadi pengaduan adalah hal-hal mendasar seperti berita yang tidak berimbang dan judul terlalu bombastis.

"Jadi kredibilitas media harus dijaga untuk meraih kepercayaan publik," ungkapnya. Guna meningkatkan produk jurnalistik yang dihasilkan wartawan. Maka, Dewan Pers terus melakukan Uji Kompetesi Wartawan atau UKW.

Terakhir terkait masukan sejumlah pihak agar pendirian media online bisa lebih selektif. Mengingat saat ini tercatat ada 50 ribu media online.

Baca Juga:Inara Rusli Kaget Dapat Banyak Gift dari 'Sultan' saat Pertama Kali Live Tiktok, Netizen: Itu Bukan Ngasih Gift Tapi...

Dewan Pers sendiri tidak bisa berbuat banyak. Mengingat dalam Undang-Undang hanya dipersyaratkan harus berbadan hukum.

Baik berupa Perseroan Terbatas (PT), Koperasi, atau Yayasan, maka sudah bisa mendirikan media. ***

Bali

Terkini

Lalu-lintas Transfer pemain Persija sedikit meredup pada musim ini. Meski begitu, Persija tetap terlihat serius mempersiapkan kompetisi musim depan dan dikabarkan telah sukses merekrut satu pemain asing baru hari ini.

Olahraga | 17:10 WIB

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong diakui kehebatannya langsung oleh Presiden Federasi Sepakbola Argentina (AFA), Claudio Tapia. Ia Khawatir skuad Garuda bisa menumbangkan Argentina karena dilatih oleh Shin Tae-yong.

Olahraga | 17:00 WIB

Publik tengah dibuat terkagum dengan jaringan Internasional Ketua Umum PSSI Erick Thohir khususnya di dunia sepakbola.

Olahraga | 16:42 WIB

Kabar mengejutkan di awal Juni ini bagi penggemar EXO atau EXO-L. Dikabarkan tiga member EXO yakni Baekhyun, Chen, dan Xiumin (EXO CBX) telah memutuskan kontrak eksklusif nya dengan SM Entertainment.

Lifestyle | 16:40 WIB

Presiden Federasi Sepakbola Argentina (AFA) Claudio Fabian Tapia dengan resmi menyatakan alasan Timnas Argentina mau melawan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae Yong di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada 19 Juni 2023.

Olahraga | 16:20 WIB

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) memastikan Timnas Malaysia gagal bertanding dengan Yaman dalam laga FIFA Matchday pada 20 Juni mendatang

Olahraga | 16:00 WIB

NCT Dojaejung yang beranggotakan Doyoung, Jaehyun, dan Jungwoo akhirnya berkunjung ke rumah Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Pertemuan mereka diwarnai momen kocak saat trio idol bersalaman dengan Rafathar, anak sulung Raffi dan Nagita.

Lifestyle | 15:46 WIB

Ketua Umum Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) Claudio Tapia menilai apabila sepak bola Indonesia patut mendapatkan pengalaman baru.

Olahraga | 15:44 WIB

Justin Hubner sempat menjadi perbincangan hangat setelah gagal menjadi pemain naturalisasi untuk Timnas Indonesia.

Olahraga | 15:36 WIB

Zodiak Inara Rusli berdasarkan tanggal kelahirannya yaitu 19 Februari 1993, maka zodiaknya adalah Pisces.

Lifestyle | 15:30 WIB

Sampah-sampah tersebut menumpuk hingga memanjang sekitar 200 meter di sodetan tersebut.

Metropolitan | 13:26 WIB

Sukron menabrak pengendara motor hingga tewas di Slipi pada 25 April 2023 lalu

Metropolitan | 07:02 WIB

Forum Akademisi Penggemar Sepak Bola Indonesia (FAPSI) menggelar nonton bareng (nobar) Piala Dunia U-20 antara Brazil melawan Tunisia.

Metropolitan | 06:12 WIB

Kongres Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi bakal dihadiri Heru Budi.

Metropolitan | 21:15 WIB

Plt Kepala Disdik DKI Syaefuloh Hidayat mengatakan, nilai anggaran untuk mencairkan dana KJP Plus Tahap I Tahun 2023 adalah Rp 1,5 triliun.

Metropolitan | 18:46 WIB

Maia Estianty dikabarkan baru saja menggrebek Irwan Mussry dan Yuni Shara sedang berduaan di kamar hotel.

Gosip | 17:01 WIB

Chen, Baekhyun, dan Cium resmi meninggalkan SM Entertainment pada 1 Juni 2023.

Gosip | 16:36 WIB

NCT DoJaeJung melongo sampai kaget di rumah baru Raffi Ahmad ada lift.

Gosip | 16:29 WIB

Umar juga diajak keliling studio tempat Ariel dan NOAH biasa melakukan rekaman. Tak cuma itu, Umar pun dikenalkan dengan teman-teman Ariel NOAH.

Gosip | 16:26 WIB

Beberapa artis ini memilih merubah giginya.

Gosip | 16:15 WIB
Tampilkan lebih banyak