Cek Fakta: Plin-Plan! Tak Disangka FIFA Kembali Tunjuk Indonesia Sebagai Bagian Piala Dunia U-20?

Setelah mencoret nama Indonesia dari host Piala Dunia U-20 2023, kali ini beredar kabar bahwa FIFA kembali menunjuk Indonesia sebagai bagian dari liga sepakbola tersebut.

Tini Fitriyani
Minggu, 02 April 2023 | 19:00 WIB
Cek Fakta: Plin-Plan! Tak Disangka FIFA Kembali Tunjuk Indonesia Sebagai Bagian Piala Dunia U-20?
Cek Fakta: Plin-Plan! Tak Disangka FIFA Kembali Tunjuk Indonesia Sebagai Bagian Piala Dunia U-20? (YouTube SUMAR TV)

Suara Denpasar – Setelah mencoret nama Indonesia dari host Piala Dunia U-20 2023, kali ini beredar kabar bahwa FIFA kembali menunjuk Indonesia sebagai bagian dari liga sepakbola tersebut. 

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu FIFA telah mengumumkan secara resmi soal pencabutan status Indonesia sebagai tuan rumah melalui situs resminya, fifa.com, Rabu (29/3/2023). 

Usut punya usut, pencabutan ini diduga karena adanya current situation (kondisi saat ini) yang mengarah pada polemik penolakan atas kehadiran Israel dalam liga Piala Dunia U-20 yang tadinya bakal digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni mendatang.  

Setelah tercuatnya kabar tersebut, tak disangka kini FIFA justru berubah pikiran, lantaran mendadak menunjuk kembali Indonesia untuk ambil bagian dari liga sepakbola tersebut. 

Baca Juga:Mantu Presiden Jokowi, Erina Gudono Ungkap Kesan Pertama Kali Ketemu: Ditanya Satu Hal...

Demikian informasi yang disebarkan melalui salah satu video di kanal YouTube SUMAR TV yang diunggah pada Sabtu (1/4/2023). 

“FIFA Plin-Plan Juga! Tak Disangka FIFA Kembali Tunjuk Indonesua Sebagai Bagian Piala Dunia U-20,” begitulah judul video yang dicantumkan pengunggah. 

Sedangkan pada thumbnail video, terpampang jelas potret Presiden Jokowi dan Presiden FIFA Gianni Infantino yang memegang sebuah surat bertuliskan FIFA. 

Kemudian thumbnail video juga dilengkapi keterangan narasi serupa narasi yang disajikan pada judul. 

Video berdurasi hanya 3 menit 32 detik itu menjadi viral dan telah ditonton sedikitnya lebih dari 359 ribu kali. Tak sedikit pula para penontonya mengaku percaya pada klaim video. 

Baca Juga:Timnas U-20 Full Senyum, Ekspresi Beda Presiden Jokowi Saat Ketemu di GBK Curi Perhatian

Namun, benarkah jika FIFA kembali menunjuk Indonesia menjadi bagian dari liga tersebut? 

CEK FAKTA: 

Setelah menyaksikan videonya secara utuh, dapat dipastikan jika klaim berita yang diunggah di kanal YouTube SUMAR TV tidak menyajikan informasi yang tepat. 

Di awal tayangan, narator menyatakan bahwa Timnas Indonesia U-20 masih dapat berpentas di laga tersebut, meski status Indonesia sebagai tuan rumah resmi dicabut. 

Setelah itu, narator kemudian menjelaskan bahwa alasan FIFA kembali menunjuk Indonesia, lantaran bingung menentukan negara mana yang akan menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah. Lalu, topik beralih memaparkan dua kandidat kuat pengganti Indonesia sebagai host di laga tersebut. 

Terakhir, narator memaparkan prediksi FIFA yang akan melarang Timnas Israel bertanding, setelah aksi keji yang dilakukan tentara zionisnya terhadap atlet muda Palestina beberapa waktu lalu. 

Sementara setelah dilakukan penelusuran dengan melansir web resmi FIFA di fifa.com, tidak ditemukan sumber dari FIFA yang menyatakan menunjuk kembali Indonesia sebagai bagian dari laga tersebut.

Justru yang ditemukan dari web resmi FIFA adalah kabar soal Presiden FIFA yang menilai kandidat terkuat pengganti Indonesia adalah Argentina. 

“Banyak negara lain yang menyatakan minat, tapi dalam hal proposal format dan garansi pemerintah, Argentina ada di pole position (terdepan),” demikian yang diungkapkan Gianni Infantino dikutip dari fifa.com. 

Selebihnya, web FIFA hanya berisikan informasi kunjungan Gianni Infantino ke Paraguay dan saat menghadiri pertemuan negara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan pada Kamis (30/3/2023). 

Dilansir dari soreang.suara.com, alih-alih kembali diikutsertakan dalam liga Piala Dunia U-20, penggawa Timnas Indonesia U-20 justru resmi dibubarkan Shin Tae-yong usai mereka berlatih terakhir dengan ditemani Presiden Jokowi, Sabtu (1/4/2023) di Stadion Utama Gelora Bung Karno. 

Maka dari itu, dapat dipastikan jika kabar yang menyatakan bahwa FIFA kembali menunjuk Indonesia menjadi bagian dari liga tersebut adalah tidak benar alias hoaks. 

Tayangan tersebut dapat dikategorikan sebagai misleading content atau konten menyesatkan bagi para penontonnya yang masih awam. (*/Ana AP)

Olahraga

Terkini

Melalui unggahannya di Instagram, Febby tampak memajang potret kebersamaannya dengan Inara yang kala itu masih mengenakan cadar. Lantas mengiringi unggahannya, ia pun menyebut Inara sebagai perempuan sok suci.

Lifestyle | 22:30 WIB

Setelah sang ibu mertua, Eva Manurung menyemprot Inara habis-habisan di hadapan publik, kini giliran sang kakak ipar, Febby Carol ikut menyindir Inara dan memberikan peringatan berikut ini!

Lifestyle | 22:12 WIB

Inge pun menceritakan bahwa sejatinya ia telah berupaya untuk meminta hak asuh anak jatuh padanya dengan berdiskusi bersama Ari.Namu sayangnya Ari langsung menolaknya dengan alasan berikut ini!

Lifestyle | 21:29 WIB

"Kak kok jarang ama kak nikita sekarang?" tulis seorang netter dalam sesi tanya jawab di Instagram Fitri. Fitri pun langsung membeberkan alasan mengapa ia kini mulai jarang bersama Niki.

Lifestyle | 21:04 WIB

Baru-baru ini, aktor Korea Selatan, Kim Seon-ho mengadakan acara fanmeeting di Jakarta.

Lifestyle | 20:45 WIB

Maxime Bouttier yang dikabarkan sedang menjalin hubungan dengan Luna Maya disebut mirip dengan Ariel NOAH.

Lifestyle | 20:30 WIB

Aktor muda Maxime Bouttier sedang digosipkan dekat dengan Luna Maya. Makin disorot karena ketampanan dan karyanya, ternyata wajah sang ayah Maxime Bouttier juga tak kalah ganteng.

Lifestyle | 20:15 WIB

Rebecca Klopper akhirnya muncul ke publik setelah tersandung kasus video syur 47 detik yang diduga dirinya.

Lifestyle | 19:52 WIB

Dedi Mulyadi bersama bersama masyarakat RW 17 Kabupaten Bandung, Jawa Barat membersihkan sampah yang berserakan di jalan RW setempat.

News | 19:30 WIB

Luna Maya dan Maxime Bouttier dikabarkan semakin dekat. Bahkan, keduanya sedang dirumorkan akan menikah di tahun ini.

Lifestyle | 18:45 WIB

"Korban yang meninggal dunia luka di bagian kepala dan pinggang," ujar Komarudin.

Metropolitan | 21:08 WIB

Dubes AS Sung Y Kim menyatakan bersedia membuka penutup jalur pedestrian yang selama ini memblokade trotoar di depan Kantor Kedubes.

Metropolitan | 20:13 WIB

"Dia telah melakukan aksi yang sama sejak umur 14 tahun sampai dengan sekarang sebanyak 30 kali di Jakarta dan sekitarnya," ujar Vokky.

Metropolitan | 18:49 WIB

Wiwik mengakui terdapat animo dan aspirasi masyarakat yang ingin menggunakan kembali trotoar tersebut.

Metropolitan | 18:47 WIB

Keterangan saksi mata diduga akibat ledakan gardu listrik."

Metropolitan | 15:47 WIB

Krisdayanti dan Geni Faruk tampil anggun dalam balutan gamis bernuansa biru.

Gosip | 22:00 WIB

Benarkah Mulan Jameela memberi pesan terakhir untuk Maia Estianty?

Gosip | 21:45 WIB

Lolly dan dua adiknya diketahui punya ayah berbeda-beda.

Gosip | 21:30 WIB

Sabrina Chairunnisa membahas kebiasaannya melirik seseorang yang kerap memicu kesalahpahaman.

Gosip | 21:15 WIB

Dalam konferensi pers, Rebecca Klopper tidak membuka pertanyaan untuk wartawan.

Gosip | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak