Blusukan ke Desa, Ketua HKTI Provinsi Bali Gagas Desa Durian

Desa yang berada diantara perbatasan Kecamatan Pupuan dan Selemadeg Barat Tabanan menjadi lokasi blusukan Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Bali I Made Edi Wirawan.

Julio
Sabtu, 01 April 2023 | 22:27 WIB
Blusukan ke Desa, Ketua HKTI Provinsi Bali Gagas Desa Durian
(tengah) Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Bali I Made Edi Wirawan. (Tim Suara Denpasar/Julio)

Suara Denpasar – Desa yang berada diantara perbatasan Kecamatan Pupuan dan Selemadeg Barat Tabanan menjadi lokasi blusukan Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Bali I Made Edi Wirawan, Sabtu (1/4/2023). 

Desa yang dipilih adalah Desa Mundeh Kangin Selamadeg Barat. Desa dengan ketinggian sekitar 450 Mdpl rupanya dipilih oleh pria yang juga selaku Wakil Bupati Tabanan tersebut bukan tanpa alasan.

Ingin melihat potensi perkebunan Desa Mundeh Kangin yang penghasilan perkebunan buah durian, manggis dan kopi. Selain itu ingin bertatap muka dengan Kelompok Petani Mertha Harum dan Tunas Mertha. 

Ketua HKTI Provinsi Bali I Made Edi Wirawan menyebut pihaknya datang kesini mengajak petani berkebun dengan baik dan melakukan pendampingan bagaimana cara budidaya buah durian dengan kualitas unggul. 

Baca Juga:Hokky Caraka Ungkap Rencana Presiden Jokowi untuk Pemain Timnas Indonesia U-20

“Bahkan kami di HKTI akan mencanangkan Desa Mundeh Kangin dan Desa Bellimbing Pupuan sebagai menjadi Desa Durian pertama di Bali,” tutur Politisi PDIP asal Desa Beraban Kediri, Tabanan.  

Desa durian ini dimaksudkan dengan melihat potensi dari dua desa yang terbanyak petaninya menanam pohon durian. Mulai durian lokal hingga durian premium seperti durian musangking, bawor dan durian hitam. 

“Kami ingin petani disini bisa bangkit sehingga petani mempunyai semangat. Mulai dari proses penanaman perawatan hingga panen buah durian. Potensi ini yang kita harus maksimalkan,” jelasnya.

Mengenai konsep desa durian ini bukan hanya soal buah durian yang dihasilkan, melainkan pula terbangunnya sebuah gudang sebagai lokasi penyortiran buah-buah durian. Selain itu akses juga yang diinginkan petani untuk diperbaiki.  

“Nantinya dalam desa durian ini kami bisa ajak pihak ketiga untuk bekerjasama dan mempromosikan desa durian hingga memberikan bantuan,” ungkapnya.

Baca Juga:Chery Akan Bawa SUV Ramah Lingkungan di GIIAS 2023

Selain itu sambung Edi Wirawan, dirinya juga telah mendengar berbagai kendala yang dihadapi petani terutama pada saat panen raya. Pastinya harga buah durian anjlok. 

“Ini juga yang akan kami lindungi lindungi petani dengan mencaikan solusi pemasaran buah durian yang dihasilkan, sehingga menjadi sebuah prfit orintit bagi petani,” sebutnya. 

Dia menambahkan mengenai skema pembiayaan desa durian ini, nanti di HKTI Bali akan memanfaatkan bantuan HKTI pusat, apalagi ketua Bapak Jendaral TNI Purn Moeldoko siap membantu. 

“Nah program-program dari pusat bisa diterus ke desa durian ini. Selain itu ada skema bantuan dari anggaran APBD Provinsi dan APBD Kabupaten. Mudah-mudahan bulan April mendatang Desa Durian terwujud, karena itu target kami,” pungkasnya.     

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Bali I Made Edi Wirawan yang bertemu dengan Kelompok Petani Mertha Harum dan Tunas Mertha di Desa Mundeh Kangin Selemadeg Barat. [Tim Suara Denpasar/Julio]
Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Bali I Made Edi Wirawan yang bertemu dengan Kelompok Petani Mertha Harum dan Tunas Mertha di Desa Mundeh Kangin Selemadeg Barat. (sumber: Tim Suara Denpasar/Julio)

Sementara itu Perbekel Desa Mundeh Kangin I Gede Yudha Artana mengaku sangat mengapreasi konsep yang digagas Ketua HKTI Provinsi Bali untuk menjadi Desa Mundeh Kangin dan Desa Belimbing sebagai Desa Durian. 

“Di desanya saat ini ada 30 jenis durian lokal yang ditanam petani. Kalau untuk durian premium memang sudah ada pangsa pasarnya, tinggal petani mengembangkan,” ungkapnya.

Dia menambahkan tahun ini memang pohon durian yang sudah ditanam petani belum berbuah. Karena kondisi faktr cuaca dan perbaikan kondisi tanah sebetulnya yang juga diperlukan. 

“Ini jadi pekerjaan rumah dari petani dan harapan kami dari HKTI bisa membantu petani dan kelompok petani di desa,” imbuhnya. ***     

Bali

Terkini

Sandy Walsh adalah salah satu pemain naturalisasi yang dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong

Olahraga | 04:33 WIB

Peningkatan elektabilitas Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) disampaikan Pengamat politik dari Populi Center Rafif Pamenang Imawan, dalam keterangannya,

News | 04:17 WIB

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil memiliki pandangan bahwa reformasi birokrasi bertransformasi menjadi empat level.

News | 03:50 WIB

Lolly pun mendapatkan cibiran dari netizen yang menuding dirinya jual diri. Hal ini lantaran Lolly belakangan getol bermain medsos alih-alih sibuk belajar selama di London.

Lifestyle | 23:17 WIB

Celine Evangelista baru-baru ini mengaku keteteran mengurus keempat anaknya pasca bercerai dengan Stefan William.

Lifestyle | 22:53 WIB

Lantas kini Dian Rositaningrum berhasil menyita perhatian warganet lantaran unggahannya di media sosial. Bagaimana tidak, Dian seolah menuliskan sindiran untuk menanggapi sikap Bebi yang menyudutkannya.

Lifestyle | 22:49 WIB

Dua anak Opick dari pernikahannya dengan istri pertama, Aina dan Ghaniya buka suara soal sikap Bebi terhadap mereka. Keduanya pun mengaku bahwa selama ini mereka tak pernah cocok dengan Bebi sejak awal sang ayah menikah dengan perempuan tersebut.

Lifestyle | 22:20 WIB

Lolly pun memuji bahwa pacar baru Toni tersebut tampak terlihat begitu menarik.

Lifestyle | 22:00 WIB

Tak hanya Mario, Shane Lukas yang juga menjadi tersangka kasus serupa turut dipindahkan juga. Selama di tempat baru tersebut, kedua tersangka kasus penganiayaan ini akan ditempatkan di kamar mapenaling.

News | 21:37 WIB

Eks daerah kepemimpinan atau yang pernah dipimpin Dedi Mulyadi, Kabupaten Purwakarta kini tengah bersiap menyelenggarakan salah satu kegiatan besar.

Lifestyle | 20:49 WIB

Kongres Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi bakal dihadiri Heru Budi.

Metropolitan | 21:15 WIB

Plt Kepala Disdik DKI Syaefuloh Hidayat mengatakan, nilai anggaran untuk mencairkan dana KJP Plus Tahap I Tahun 2023 adalah Rp 1,5 triliun.

Metropolitan | 18:46 WIB

Cuma ketemu sama penjaganya doang. Itu juga cuma pas bayar keamanan aja, kata Aminah.

Metropolitan | 16:18 WIB

Pengangkatan tersebut dilakukan dalam rapat paripurna pengucapan sumpah jabatan di gedung DPRD DKI, Rabu (31/5/2023).

Metropolitan | 15:18 WIB

Pemprov DKI Jakarta pastikan jika pajak yang dikenakan sesuai Perda yakni hanya 15 persen, sedangkan 5 persen dari promotor.

Metropolitan | 14:00 WIB

Virgoun dikabarkan kepergok sedang "main" bersama selingkuhannya oleh pihak polisi.

Gosip | 23:10 WIB

Inara Rusli merasa dirugikan secara immaterial oleh Virgoun selama pernikahan mereka.

Gosip | 22:55 WIB

Inara Rusli dikabarkan menggandeng Hotman Paris sebagai kuasa hukum setelah Virgoun membawa kabur ketiga anaknya.

Gosip | 22:34 WIB

Isi tuntutan Inara Rusli mencakup hak asuh anak, uang mut'ah dan iddah, nafkah anak, serta harta gono gini.

Gosip | 22:22 WIB

"She's a very lovely girl. Dia enak banget untuk diajak kerja sama," beber Yuki Kato.

Gosip | 22:05 WIB
Tampilkan lebih banyak