Digadang Gantikan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Peru Malah Mundur Jadi Host U-17

Di tengah rumor bakal ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 menggantikan Indonesia, Peru justru malah dikabarkan mundur dari host Piala Dunia U-17 2023.

Tini Fitriyani
Selasa, 28 Maret 2023 | 12:30 WIB
Digadang Gantikan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Peru Malah Mundur Jadi Host U-17
Ilustrasi Bola dari Pixabay: NoName_13

Suara Denpasar – Di tengah rumor bakal ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 menggantikan Indonesia, Peru justru malah dikabarkan mundur dari host Piala Dunia U-17 2023. 

Kabar mengejutkan ini dilaporkan akun Twitter yang khusus membahas perkembangan sepak bola di ASEAN, @theaseaanball. Peru disebut mundur karena faktor bencana alam. 

“Federasi Sepakbola Peru (FPF) telah memutuskan untuk menarik tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17 karena pemerintah negara tersebut akan mengalokasikan sumber daya tersebut untuk rekontruksi setelah bencana alam,” tulis akun @theaseanball, dikutip Selasa (28/3/2023). 

Peru sebelumnya telah dijadwalkan menggelar Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang, sebelum tercuat kabar kemundurannya karena dana penyelengaraan bakal dialihkan untuk penanganan bencana. 

Baca Juga:Tolak Israel di Piala Dunia U-20, Prof Hikmahanto: FIFA Akan Kapok dan Tidak Pernah Lagi Pilih Indonesia

Pada pertengahan Maret lalu, Peru memang sempat dilanda musibah gempa bumi berkekuatan 6,8 skala richter yang menghantam kota Balao di Provinsi Guayas. 

Kabar tersebut jelas mengejutkan karena datang tak lama setelah merebaknya rumor Peru akan menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah di ajang Piala Dunia U-20, sementara Indonesia dikabarkan akan diberikan mandat oleh FIFA menggelar Piala Dunia U-17. 

Meski demikian, kabar Peru mundur ini belum dimuat secara resmi oleh Federasi Sepak Bola Feru (FPF). 

Keterangan terakhir mereka seputar Piala Dunia U-17 justru hanya tentang rencana pemindahan venue ke dua tempat saja, yakni di Lima dan Callao, menyusul berita fenomena alam yang melanda bagian utara negara tersebut. 

“Pemerintah memberi tahu kami bahwa karena adanya hujan lebat dan fenomena yang diumumkan terutama untuk daerah Chiclayo dan Piura, pekerjaan renovasi tidak mungkin dilanjutkan,” kata Presiden Federasi Sepak Bola Peru beberapa waktu lalu. 

Baca Juga:Gibran Optimistis Solo Jadi Venue Piala Dunia U-20 saat Ramai Tolak Israel, Warganet: Ini orang pinter

“Pemerintah telah meminta kami untuk memindahkan (venue) Piala Dunia hanya di ibu kota dengan stadion National, Gallardo, San Marcos, dan Callao,” saambungnyaa kepada America Deportes dari Madrid. 

Untuk itu, pemerintah Peru beserta segenap federasinya mengaku akan terus mengusahakan agar ajang Piala Dunia U-17 dapat dikonsolidasikan di Peru. Bahkan, pemerintah mereka juga berjanji memberikan alternatif yang akan dievaluasi oleh FIFA. 

Sebagai informasi, FIFA sendiri telah menunjuk Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20  pada Oktober 2019, lantaran kontes ini awalnya akan berlangsung pada 2021 lalu. 

Namun, diputuskan mundur ke 2023 akibat pandemi Covid-19, yang akhirnya terpilihlah Indonesia sebagai tuan rumah di laga tersebut. (*/Dinda)

Olahraga

Terkini

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengungkapkan siap mengarungi kompetisi musim depan, terlebih punggawa anyar Bajol Ijo dikabarkan segera merapat

Olahraga | 15:00 WIB

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan jika Tragedi Kanjuruhan masih menyisakan paradigma negatif dari FIFA terhadap sepak bola Indonesia.

Olahraga | 14:38 WIB

FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Argentina akan berlangsung 19 Juni 2023 mendatang. Bagi Jordi Amat, ini adalah pertandingan keenam dia bertemu Messi. Video full Jordi Amat menahan imbang Messi menarik disimak.

Olahraga | 14:01 WIB

Menjelang kompetisi Liga 1 yang akan segera bergulir, Arema FC terus berburu pemain asing untuk melengkapi kuota baru yang ditetapkan PSSI dan PT LIB.

Olahraga | 14:00 WIB

Elly Sugigi diketahui telah menikah sebanyak lima kali. Kini, ia pun mengungkap alasannya sering kawin-cerai.

Lifestyle | 13:55 WIB

Jelang pertandingan FIFA Matchday Timnas Indonesia menghadapi Palestina dan Argentina, justru kini ramai kembali rumor tentang naturalisasi pemain.

Olahraga | 13:43 WIB

Karena masalah ekonomi, Elly Sugigi memberikan anaknya ke tukang sayur lantaran tidak mampu membelikan susu.

Lifestyle | 13:11 WIB

Salah satu penjaga gawang keturunan Indonesia yang kini merumput di Serie A Italia dikabarkan meminta untuk dinaturalisasi. Cek faktanya

Olahraga | 12:46 WIB

Ariel NOAH punya fans tidak hanya di kalangan remaja dan dewasa. Bahkan, dia punya fans dari kalangan anak-anak balita (bawah lima Tahu). Seperti Umar.

Lifestyle | 12:28 WIB

Anies mengaku mendukung Mitch Evans karena merupakan pemenang dari Formula E Jakarta 2022 lalu.

Metropolitan | 18:04 WIB

Anies meyakini Jakpro dan panitia penyelenggara tahun 2024 bisa mengambil keputusan terbaik untuk ajang balap mobil listrik ke depannya.

Metropolitan | 17:50 WIB

Hal ini disampaikan Anies saat menghadiri hari pertama Formula E Jakarta 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/6/2023).

Metropolitan | 14:25 WIB

Kepada awak media, eks Gubernur DKI ini mengaku tak diundang hadir ke ajang balap mobil listrik internasional itu.

Metropolitan | 13:39 WIB

Menurut informasi yang diperoleh Suara.com, Anies sengaja untuk membeli tiket guna menyaksikan balap mobil.

Metropolitan | 12:57 WIB

"Nggak habis pikir aku, punya orang tua kayak mimi," ujar Lolly.

Gosip | 17:40 WIB

Ria Ricis baru saja unjuk kebolehan menyelam dengan kostum putri duyung di Jakarta Aquarium.

Gosip | 17:20 WIB

WOODZ mendapat sambutan hangat penggemar dalam konser perdananya di Indonesia.

Gosip | 17:00 WIB

Netizen langsung beramai-ramai memberikan komentarnya.

Gosip | 16:40 WIB

Foto kondisi rumah Arya Saloka dan Putri Anne yang terlihat kosong beredar di media sosial.

Gosip | 16:25 WIB
Tampilkan lebih banyak