Cek Fakta: Jusuf Hamka Bagikan Uang Rp 50 Juta Bagi Yang Butuh, Benarkah?

Beredar kabar Jusuf Hamka, orang kaya yang kerap dijuluki bos jalan tol itu siap membagikan uang 50 juta rupiah kepada siapa pun yang membutuhkan uang tersebut.

Mahipal
Sabtu, 25 Maret 2023 | 15:00 WIB
Cek Fakta: Jusuf Hamka Bagikan Uang Rp 50 Juta Bagi Yang Butuh, Benarkah?
Cek Fakta: Jusuf Hamka Bagikan Uang Rp 50 Juta Bagi Yang Butuh, Benarkah? (Instagram @jusufhamka)

Suara Denpasar - Beredar kabar Jusuf Hamka, orang kaya yang kerap dijuluki bos jalan tol itu siap membagikan uang 50 juta rupiah kepada siapa pun yang membutuhkan uang tersebut.

Kabar informasi tersebut beredar di sosial media Tiktok, hal tersebut kemudian langsung direspon oleh Jusuf Hamka sendiri. Lantas apakah kabar itu fakta atau hoax?

Kabar undian bantuan uang Rp 50 juta itu dibagikan oleh akun Tiktok @jusufhamka_berbagi, dilansir Suara Denpasar pada Sabtu, (25/3/2023).

Dalam video berdurasi 18 detik itu diunggah pada (8/2/2023) diputar berulang kali dan sampai saat ini sudah ditonton sebanyak 3,7 juta kali di Tiktok. Benarkah kabar tersebut?

Baca Juga:Cek Fakta: Jusuf Hamka Bagi-bagi Uang Buat Bayar Utang? Begini Klarifikasinya

Cek Fakta

Video tersebut menayangkan Jusuf Hamka mengenakan kemeja putih dan terdapat tulisan Rp 50 juta untuk pemilik rekening Mandiri, Rp 20 juta untuk pemilik rekening BNI, Rp 15 juta untuk BCA dan Rp 10 juta BRI.

Dalam video itu juga terdapat suara yang diduga Jusuf Hamka, menjelaskan soal bantuan uang.

"Kirimin nomor rekeningnya ya, insya Allah hari ini juga masuk ya," ujarnya dalam video itu.

"Kami membantu kusus orang yang benar-benar untuk biaya sekolah, kemudian orang-orang yang mau berjuang," ujarnya.

Baca Juga:Penting! Motivasi Hidup ala Jusuf Hamka, si Sultan Bos Jalan Tol

Setelah ditelusuri, ternyata konten tersebut adalah konten manipulasi, dimana audio dan video merupakan editan.

Klarifikasi tentang kebenaran kabar tersebut disampaikan langsung dan diunggah oleh channel YouTube NovelKu Net, sebagaimana dilansir Suara Denpasar pada Sabtu, (25/3/2023).

Video itu diunggah dengan judul 'Hati-Hati Penipuan!!,". Dalam video itu ada Jusuf Hamka yang menyampaikan pesan.

Dirinya menyampaikan kepada masyarakat bahwa ada informasi undian bantuan 50 juta rupiah di Tiktok yang mengatas namakan dirinya.

"Barusan saya menerima video Tiktok yang menggubakan nama Jusuf Hamka," ujarnya menyampaikan.

Kemudian, Jusuf Hamka menyampaikan bahwa akun Tiktok tersebut bukan miliknya, akun sosial media miliknya yang kredibel adalah akun instagram @jusufhamka.

"Jadi, ini bukan akun saya, akun saya cuma satu yaitu instagram yang memakai nama Jusuf Hamka, yang followersnya sudah 433 ribu," ujarnya menegaskan.

"Jadi kalau ada yang menggunakan akun lain, Tiktok dan lain sebagainya, pasti itu bohong, apalagi di akun Tiktok tersebut, di situ dinyatakan akan diberikan bantuan 50 juta," ujarnya menyampaikan.

Ia mengaku resah, namun bukan mengkhawatirkan dirinya sendiri, akan tetapi ia takut ada masyarakat yang tertipu.

"Dan saya khawatir nanti sahabat-sahabat yang tergiur lalu terkecoh, lalu akan menelpon kepada akun yang bersangkutan," ujarnya melanjutkan.

"Kemudian dimintakan uang administrasi apapun, apakah itu dari satu juta, dua juta, lima juta," ujarnya.

Kemudian, Jusuf Hamka menegaskan bahwa kabar tersebut adalah hoax alias berita bohong. Ia menegaskan bahwa dirinya tidak pernah meminta uang administrasi jika membantu orang.

"Dan ini jelas hoax dan penipuan!" ujarnya.

"Karena saya dan keluarga saya tidak pernah meminta uang donasi dan juga kalau kami memberikan bantuan kepada siapapun tidak pernah meminta uang administrasi," ujarnya menandaskan.

Hasil penelusuran yang didapat dari klarifikasi langsung dari Jusuf Hamka, maka dapat disimpulkan berita hadiah uang 50 juta rupiah yang membawa-bawa nama bos jalan tol itu adalah hoax alias berita bohong. (*/Dinda)

Lifestyle

Terkini

Kiper Persebaya Surabaya Ernando Ari baru-baru ini mengaku ingin menjadi penjaga gawang di tim Liga 1 yang besar seperti Persib Bandung atau Persija Jakarta.

Olahraga | 23:16 WIB

Persebaya Surabaya resmi mengikat kontrak dengan bintang Timnas Singapura Song Ui-young untuk memperkuat lini depan dalam Liga 1 musim 2023/2024. Istri Presiden Persebaya Surabaya langsung memberi ultimatum.

Olahraga | 22:38 WIB

Hengkangnya Dedi Mulyadi dan Maula Akbar dari Partai Golkar tampaknya memberi berkah bagi Anne Ratna Mustika. Bahkan, Anne Ratna menunjukkan kekuatannya dan menjadikan Purwakarta makin menguning.

News | 21:48 WIB

Niki pun membuat surat terbuka lewat unggahannya di Instagram. Yang mana surat terbuka itu dibuat lantaran Niki merasa khawatir kini banyak orang yang memanfaatkan putrinya.

Bali | 21:03 WIB

Bek Timnas Indonesia Jordi Amat mengaku siap menjadi tumpuan Shin Tae Yong untuk menghadapi Lionel Messi di FIFA Match Day mendatang.

Olahraga | 21:00 WIB

Nama Ernando Ari kini tengah melambung di jagat dunia maya, pasca dirinya bersama Timnas Indonesia berhasil meraih juara SEA Games 2023 di Kamboja beberapa pekan yang lalu

Olahraga | 20:45 WIB

Legenda sepakbola Brasil Roberto Carlos dikabarkan telah dikontrak PSSI untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia U-19

Olahraga | 20:30 WIB

Saat ini, persaingan keras dalam perebutan calon wakil presiden (cawapres). Yang menarik, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin masih ngebet jadi cawapres untuk berpasangan dengan Prabowo.

News | 20:14 WIB

Keputusan Shin Tae-yong yang tidak memasukkan kiper langganan Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata ke dalam daftar skuad Garuda untuk mengarungi laga FIFA Match Day melawan Argentina sungguh mengejutkan publik.

Olahraga | 19:40 WIB

Ari Wibowo dan Inge Anugrah saat ini menuju proses cerai. Yang membuat miris, Aria Wibowo tidak berbagi harta gono-gini, hingga Inge Anugrah memilih akan tinggal di kos.

Lifestyle | 18:58 WIB

Anies mengaku mendukung Mitch Evans karena merupakan pemenang dari Formula E Jakarta 2022 lalu.

Metropolitan | 18:04 WIB

Anies meyakini Jakpro dan panitia penyelenggara tahun 2024 bisa mengambil keputusan terbaik untuk ajang balap mobil listrik ke depannya.

Metropolitan | 17:50 WIB

Hal ini disampaikan Anies saat menghadiri hari pertama Formula E Jakarta 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/6/2023).

Metropolitan | 14:25 WIB

Kepada awak media, eks Gubernur DKI ini mengaku tak diundang hadir ke ajang balap mobil listrik internasional itu.

Metropolitan | 13:39 WIB

Menurut informasi yang diperoleh Suara.com, Anies sengaja untuk membeli tiket guna menyaksikan balap mobil.

Metropolitan | 12:57 WIB

Lina Mukherjee merasa warganet salah kaprah, dan media keliru mengutip pernyataannya.

Gosip | 23:05 WIB

Ferry Maryadi tidak menemukan apa yang salah dengan caranya menunjukkan rasa sayang pada anaknya sendiri.

Gosip | 21:35 WIB

Ada sejumlah alasan yang membuat Raisa hingga kini belum mau mengumbar anaknya di media sosial

Gosip | 21:06 WIB

Dalam foto terlihat Luna Maya mengenakan gun putih, sementara Maxime Bouttier memakai setelan jas dengan dasi kupu-kupu.

Gosip | 20:52 WIB

Kim Seon Ho mengaku gugup bertemu dengan penggemarnya di Indonesia.

Gosip | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak