CEK FAKTA: Ketahuan Makan Gaji Buta, Ibas Yudhoyono Langsung Dipecat dari Anggota DPR RI

Kabar mengejutkan datang dari Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas Yudhoyono.

Eva Lestari
Jum'at, 24 Maret 2023 | 18:00 WIB
CEK FAKTA: Ketahuan Makan Gaji Buta, Ibas Yudhoyono Langsung Dipecat dari Anggota DPR RI
CEK FAKTA: Ketahuan Makan Gaji Buta, Ibas Yudhoyono Langsung Dipecat dari Anggota DPR RI (YouTube SEPUTAR ISTANA)

Suara Denpasar - Kabar mengejutkan datang dari Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas Yudhoyono. Putra bungsu mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini dikabarkan telah dicopot dari jabatannya sebagai anggota DPR RI karena ketahuan makan gaji buta.

Kabar ini disampaikan oleh kanal YouTube SEPUTAR ISTANA dalam video berjudul "KETAHUAN!! MAKAN GAJI BUTA, IBAS LANGSUNG DI COPOT DARI ANGGOTA DPR RI ?!"

Thumbnail dalam video tersebut memperlihatkan potret Ibas bersama sejumlah anggota Partai Demokrat, mantan Presiden SBY hingga Presiden Joko Widodo.

Di dalamnya juga terdapat keterangan yang berbunyi, "Breaking News! Ketahuan Makan Gaji Buta, Ibas Langsung Dipecat dari Anggota DPR RI."

Baca Juga:SBY Angkat Bicara Soal Penundaan Pemilu: Ada yang Aneh dengan Negeri Ini

Dengan headline sedemikian rupa, video ini telah ditonton lebih dari 63 ribu kali sejak diunggah pada 21 Maret lalu.

Lantas, benarkah klaim yang ada dalam video berdurasi 8 menit 5 detik tersebut?

CEK FAKTA

Pada awalnya, sang pengunggah menampilkan wawancara sejumlah politisi yang mengkritik sikap Ibas sebagai anggota DPR RI. Mulai dari ketidakhadirannya di rapat Komisi VI DPR RI hingga kritikannya terhadap pemerintah.

"Waketum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, menjadi perbincangan setelah berteriak Indonesia bisa menjadi bangsa gagal dalam menghadapi pandemi COVID-19," ujar narator dalam video tersebut.

Baca Juga:CEK FAKTA: Selamat Jalan Pak SBY! KPK Temukan Bukti Korupsi Hambalang, Century dan E-KTP

"Yang menarik, kolega Ibas di Komisi VI DPR Andre Rosiade menyarankan Ibas untuk menyarankan kontribusi nyata saja dengan hadir dalam rapat komisi, baik secara fisik maupun virtual, ketimbang berbicara di luar," sambung narator.

Setelah itu, narator menyebutkan sikap serupa yang ditunjukkan oleh kakak Ibas, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang terkesan langsung mencapai puncak berkat ayahnya.

"Kakak dan adik ini produk nyata dari sebuah loncatan karier tanpa proses, karbitan dan serba instan karena pengaruh orangtuanya. Mereka tidak dibiarkan melalui proses dari bawah sebagaimana kebanyakan politikus, tetapi menikmati segala fasilitas dengan mudah," jelas narator.

Kendati demikian, narator sama sekali tidak menyinggung soal pemecatan Ibas sebagai anggota DPR RI karena ketahuan makan gaji buta.

Ibas Yudhoyono memang dikenal sebagai salah satu politikus yang kontroversial. Namun dia tidak pernah ketahuan makan gaji buta hingga dipecat dari jabatannya sebagai anggota DPR RI.

Melansir laman dpr.go.id, hingga saat ini Ibas masih terdaftar sebagai anggota Komisi VI Badan Anggaran Fraksi Partai Demokrat Dapil Jawa Timur VII, dengan nomor keanggotaan 554.

KESIMPULAN

Berdasarkan penelusuran Suara Denpasar untuk cek fakta, klaim tentang pemecatan Ibas sebagai anggota DPR RI karena ketahuan makan gaji buta adalah salah.

Isi dan judul dalam video di atas sama sekali tidak relevan, dan narasi tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.(*/Dinda)

News

Terkini

Jagat media sosial dihebohkan dengan kabar dari Dedi Mulyadi dan Anne Ratna Mustika.

Lifestyle | 08:48 WIB

Usai beberapa waktu lalu ramai isu pernikahan Luna Maya dengan Gading Marten. Kini Luna Maya diterpa isu pernikahan kembali.

Lifestyle | 07:34 WIB

Artis tanah air Raffi Ahmad dikabarkan akan mengundang sang Lionel Messi untuk menuruti keinginan anak pertamanya yakni Rafathar Malik Ahmad yang sangat ingin berfoto dengan Messi.

Lifestyle | 06:50 WIB

Rumor yang cukup menyita perhatian warganet dan fans sepakbola yang secara khusus pecinta Lionel Messi atau dikenal sebagai Messi yang batal datang jelang laga FIFA Match Day 2023, dimana Indonesia akan berhadapan langsung dengan tim sang mega bintang tersebut, Argentina.

Olahraga | 06:35 WIB

Laga FIFA Match Day antara timnas Indonesia kontra Palestina berikutnya Argentina yang hanya tinggal hitungan hari saja. Dimana Indonesia akan menjamu Palestina pada Rabu (14/6/2023) di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Sementara pada leg berikutnya akan bertemu dengan juara dunia Argentina pada Seni

Olahraga | 06:20 WIB

Ida Dayak penuhi panggilan Ketua Umum PSSI untuk atas cedera pemain Timnas Indonesia. Cek faktanya

Olahraga | 06:10 WIB

Berwisata bukan melulu soal kewenangan dan ketenangan bagi diri sendiri. Namun, terpenting juga bermanfaat bagi lingkungan dan sekitar

Bali | 22:40 WIB

salah satu pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat yang dikabarkan telah sembuh dari cedera usai menjalani pengobatan tradisional dari Ida Dayak.

Lifestyle | 21:15 WIB

Pecinta sepakbola sepertinya harus menahan kesabaran lantaran diprediksi bakal gagal melihat Asnawi Mangkualam dkk melawan bintang Argentina Lionel Messi

Olahraga | 21:04 WIB

Mantan bek Persebaya, Rizky Ridho akhirnya mendapat lampu hijau dari Persija Jakarta untuk menyusul Ernando Ari ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Surabaya.

Olahraga | 20:45 WIB

BMKG memperkirakan cuaca di wilayah DKI Jakarta.

Metropolitan | 06:29 WIB

Pembukaan blokade baru bisa dilakukan tadi malam karena harus menunggu penyelesaian administrasi.

Metropolitan | 04:09 WIB

Dua tersangka dalam kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang atau TPPO ditangkap di tempat terpisah.

Metropolitan | 21:59 WIB

Kongres pertama Majelis Amanah Persatuan Kaum Betaw atau MAPKB ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono secara virtual.

Metropolitan | 21:13 WIB

Polda Metro Jaya telah menetapkan kakak beradik kembar Rihana dan Rihani sebagai tersangka dalam kasus penipuan modus iPhone murah.

Metropolitan | 20:21 WIB

Jenny Rachman sudah melaporkan kasus ini sejak Maret 2022.

Gosip | 08:30 WIB

Banyak orang yang ingin bekerja dengan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Gosip | 08:20 WIB

Mulan Jameela cukup tegas bikin aturan untuk anak-anaknya.

Gosip | 08:05 WIB

"Pasal ini tidak ada yang namanya perselingkuhan," kata pengacara dari suami Jenny Rachman.

Gosip | 07:30 WIB

Selain dapat kejutan dari keluarga Momo Geisha juga dapat kejutan dari karyawan.

Gosip | 07:15 WIB
Tampilkan lebih banyak