Bagaimana Hak Pilih Narapidana di Pemilu 2024? Begini Penjelasan KPU Bali

Menjelang pemilu 2024 KPU Bali berupaya untuk mengakomodasi hak pilih semua warga negara Indonesia, termasuk di dalamnya adalah narapidana atau para tahanan.

Rovin Bou
Jum'at, 24 Maret 2023 | 13:30 WIB
Bagaimana Hak Pilih Narapidana di Pemilu 2024? Begini Penjelasan KPU Bali
Bagaimana Hak Pilih Narapidana di Pemilu 2024? Begini Penjelasan KPU Bali ((Kolase ilustrasi Antara dan karya gus noy))

Suara Denpasar - Menjelang pemilu 2024 KPU Bali berupaya untuk mengakomodasi hak pilih semua warga negara Indonesia, termasuk di dalamnya adalah narapidana atau para tahanan.

Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan menjelaskan pihaknya sudah menerima data pemilih dari setiap pemilih lapas yang ada di Bali.

 "Mereka sudah terdata, kita sudah diberikan datanya dari rutan kemudian kita masukan ke dalam daftar pemilih," jelas Agung Gede Lidartawan kepada denpasar.suara.com saat ditemui di Kantor KPU Bali, Jum'at (24/3/2023).

Kelompok narapidana ini akan dibuatkan TPS khusus oleh KPU Bali guna mengakomodir hak pilih narapidana. Petugas TPS pun dari pihak lepas yang sudah disosilisasi oleh pihak KPU.

Baca Juga:Jelang Ramadhan, Foto Puan Maharani Pakai Mukena Dihujat: Kadrun Mendadak Gara-Gara Pemilu

"Jadi nanti akan ada TPS khusus di Lapas nanti sipir akan menjadi KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara). Dan itu sudah terbiasa dilakukan di setiap pemulu," ujarnya.

Kendati dibuatkan TPS khusus, Agung Gede Lidartawan mengatakan tingkat pengawasan dilakukan sama seperti TPS pada umumnya. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi kecurangan dalam proses pemilihan.

"Pengawasannya sama, ada Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) di sana, ada saksi yang ditempatkan di sana," pungkas Agung Gede Lidartawan. 

Untuk diketahui, adapun jumlah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang ada di Bali diantaranya, Lapas Kelas II A Denpasar, Lapas Klas II B Singaraja, Lapas Klas II B Karangasem, Lapas Klas II A Narkotika Bangli, Rumah Tahanan Negara, Rutan Klas II B Gianyar, Rutan Klas II B Klungkung, Rutan Klas II B Bangli, dan Rutan Klas II B Negara. (*/Dinda)

Baca Juga:SBY Angkat Bicara Soal Penundaan Pemilu: Ada yang Aneh dengan Negeri Ini

News

Terkini

Kiper Persebaya Surabaya Ernando Ari Sutaryadi menjadi salah satu pemain dari 26 nama yang dipanggil Coach Shin Tae Yong jelang FIFA Matchday Bulan Juni

Olahraga | 17:15 WIB

Legenda Barcelona Eric Abidal ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16 dalam ajang Fourfeo Mini Tournament yang diselenggarakan di Stadion Madya, Senayan

Olahraga | 16:45 WIB

Kabar buruk bagi pendukung Persib Bandung. Suporter yang dijuluki dengan nama Bobotoh tersebut dikabarkan resmi dinonaktifkan sehingga tidak dapat mendukung klub kesayangkan di kompetisi Liga 1 2023/2024.

Olahraga | 16:15 WIB

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong baru saja memposting sebuah foto yang membuat geger jagat maya

Olahraga | 15:45 WIB

Tiket pertandingan FIFA Match Day antara Timnas Indonesia vs Argentina akan segera dibuka mulai esok hari, 5 Juni hingga 7 Juni 2023

Olahraga | 15:09 WIB

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengungkapkan siap mengarungi kompetisi musim depan, terlebih punggawa anyar Bajol Ijo dikabarkan segera merapat

Olahraga | 15:00 WIB

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan jika Tragedi Kanjuruhan masih menyisakan paradigma negatif dari FIFA terhadap sepak bola Indonesia.

Olahraga | 14:38 WIB

FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Argentina akan berlangsung 19 Juni 2023 mendatang. Bagi Jordi Amat, ini adalah pertandingan keenam dia bertemu Messi. Video full Jordi Amat menahan imbang Messi menarik disimak.

Olahraga | 14:01 WIB

Menjelang kompetisi Liga 1 yang akan segera bergulir, Arema FC terus berburu pemain asing untuk melengkapi kuota baru yang ditetapkan PSSI dan PT LIB.

Olahraga | 14:00 WIB

Elly Sugigi diketahui telah menikah sebanyak lima kali. Kini, ia pun mengungkap alasannya sering kawin-cerai.

Lifestyle | 13:55 WIB

Anies mengaku mendukung Mitch Evans karena merupakan pemenang dari Formula E Jakarta 2022 lalu.

Metropolitan | 18:04 WIB

Anies meyakini Jakpro dan panitia penyelenggara tahun 2024 bisa mengambil keputusan terbaik untuk ajang balap mobil listrik ke depannya.

Metropolitan | 17:50 WIB

Hal ini disampaikan Anies saat menghadiri hari pertama Formula E Jakarta 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/6/2023).

Metropolitan | 14:25 WIB

Kepada awak media, eks Gubernur DKI ini mengaku tak diundang hadir ke ajang balap mobil listrik internasional itu.

Metropolitan | 13:39 WIB

Menurut informasi yang diperoleh Suara.com, Anies sengaja untuk membeli tiket guna menyaksikan balap mobil.

Metropolitan | 12:57 WIB

Ria Ricis baru saja unjuk kebolehan menyelam dengan kostum putri duyung di Jakarta Aquarium.

Gosip | 17:20 WIB

WOODZ mendapat sambutan hangat penggemar dalam konser perdananya di Indonesia.

Gosip | 17:00 WIB

Netizen langsung beramai-ramai memberikan komentarnya.

Gosip | 16:40 WIB

Foto kondisi rumah Arya Saloka dan Putri Anne yang terlihat kosong beredar di media sosial.

Gosip | 16:25 WIB

Warganet tak sabar menunggu Jaehyun NCT benar-benar mengunggah fotonya bersama Rafathar di akun Instagram pribadinya.

Gosip | 16:05 WIB
Tampilkan lebih banyak