Pemkot Denpasar Kecolongan WNA Miliki KTP, Ombudsman Bali Langsung Panggil Dukcapil

Ombudsman RI Perwakilan Bali merespons kasus WNA yang miliki KTP di Kota Denpasar.

Rovin Bou
Senin, 20 Maret 2023 | 15:30 WIB
Pemkot Denpasar Kecolongan WNA Miliki KTP, Ombudsman Bali Langsung Panggil Dukcapil
Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Bali Ni Nyoman Sri Widhiyant. Foto: Rovin Bou

Suara Denpasar - Ombudsman RI Perwakilan Bali merespons kasus WNA yang miliki KTP di Kota Denpasar.  

Terkait itu Ombudsman Bali melakukan pemeriksaan langsung terhadap pihak-pihak terkait yaitu Kepala Dusun Sekar Kangin Denpasar Selatan dan pihak Dukcapil Kota Denpasar guna memastikan adanya Maladministrasi dalam proses pelayanan publik penerbitan Akta Kelahiran, KK dan KTP WNA.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, ditemukan adanya Maladministrasi yang terjadi dalam proses penerbitan KK, KTP dan Akta Kelahiran atas nama MNZ (WNA Suriah) dan KR (WNA Ukraina). 

"Ada penyimpangan prosedur, penyalahgunaan wewenang dan permintaan imbalan yang terjadi dalam penerbitan dokumen Akta Kelahiran, KK dan KTP kedua WNA tersebut," ungkap Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Bali, Ni Nyoman Sri Widhiyanti, Senin (20/3/2023).

Baca Juga:Pecahkan Rekor, Pre-Order Album Solo Jisoo BLACKPINK Tembus 500 Ribu Kopi!

Untuk itu Ombudsman RI Bali telah melakukan pemanggilan terhadap pihak-pihak terkait untuk menyerahkan hasil temuan dan memberikan tindakan korektif agar dilaksanakan. 

"Kita mengeluarkan tindakan korektif kepada Disdukcapil Denpasar dan Pemerintah Desa Sidakarya. Tindakan korektif ini harus dilakukan oleh pihak terkait makanya kita mengundang atasan Terlapor dalam penyampaian LAHP dan Tindakan korektif," jelasnya.

Adapun poin-poin tindakan korektif yang harus dilaksanakan pihak terlapor dalam hal ini Disdukcapil sebagai terlapor I dan Pemerintah Desa Sidakarya sebagai atasan terlapor II. 

Di antaranya, Kades selaku atasan Kadus harus memberikan pembinaan kepada seluruh Kadus agar menggunakan asas kehati-hatian dalam pengurusan administrasi kependudukan. Kemudian meminta Disdukcapil melakukan perbaikan terhadap standar pelayanan dimana dari hasil pengecekan iris mata untuk diberikan  penanda. 

Kemudian, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil harus melakukan perbaikan prosedur pelayanan terutama bagi penduduk yang sebelumnya tidak memiliki administrasi kependudukan agar wajib dilakukan pendataan berkala, melakukan verifikasi dan validasi. 

Baca Juga:Rumah Ria Ricis Bau Kemenyan dan Ada Ular, Oki: Kita Meyakini Adanya Hal Gaib

Poin korektif berikutnya adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil harus melakukan perbaikan sistem, terutama dalam sistem taringdukcapil.denpasarkota.go.id sehingga dapat diketahui riwayat pengajuan setiap akun kepala keluarga.

“Kita juga meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melakukan pembinaan kepada seluruh kepala dusun dan kepala desa di Kota Denpasar terkait aturan pelayanan administrasi kependudukan.

Kita berharap poin-poin korektif tersebut dapat dilaksanakan pihak-pihak terkait dengan baik dan terutama ke depan tidak boleh terjadi lagi kecolongan," tandasnya. (*/Dinda)

News

Terkini

Resmi dilepas oleh klub-nya Ramadhan Sananta justru tuai cibiran, bahkan tak sedikit yang mengkungkit soal ini

Olahraga | 12:45 WIB

Nama Indonesia kembali harum setelah Putri Ariani mendapat Golden Buzzer pada Americas Got Talent 2023. Dalam acara Americas Got Talent ada Red Buzzer yang juga diberikan oleh juri kepada pesertanya. Lalu, apa perbedaan Red Buzzer dan Golden Buzzer?

Lifestyle | 12:24 WIB

Boomber andalan Indra Sjafri di SEA Games 2023, Ramadhan Sananta resmi hengkang dari klubnya PSM Makassar.

Olahraga | 12:07 WIB

Niki lantas menceritakan bagaimana ia belum lama ini sempat berdiskkusi dan meminta saran kepada ustaz terkait perseteruannya dengan Lolly. Dan kini, Niki pun memutuskan untuk tidak lagi peduli tentang apapun yang terjadi pada Lolly.

Lifestyle | 11:36 WIB

"Mamah saya menolak untuk membayar tagihan sekolah saya dan dia mencoba membuat saya kembali ke Indonesia. Ini membuat saya merasa sangat tidak enak, risih dan sedih," ujar Lolly, anak Nikita Mirzani dalam Instagram Storynya, Rabu (7/6/2023).

Lifestyle | 11:19 WIB

Kiper Persebaya Ernando Ari disebut-sebut sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di Indonesia setelah penampilannya bersama Timnas Indonesia meraih emas di SEA Games 2023 di Kamboja.

Olahraga | 11:15 WIB

Aktor muda Maxime Bouttier santer disebut-sebut sebagai calon suami Luna Maya.

Lifestyle | 11:00 WIB

Eks pemain PSIS Semarang Pratama Arhan disebut sebagai Rory Delap asal Indonesia oleh fans atau suporter Tokyo Verdy.

Olahraga | 10:30 WIB

Aktris Luna Maya sedang santer dikabarkan akan menikah dengan aktor Maxime Bouttier.

Lifestyle | 10:20 WIB

Aktris cantik Luna Maya dikabarkan akan segera menikah dengan Maxime Bouttier.

Lifestyle | 09:59 WIB

"Korban sempat melawan tetapi rekan pelaku datang untuk menghadapinya."

Metropolitan | 10:57 WIB

Perangkat lunak penunjang Jakarta Smart City ini disebut akan memiliki perbedaan dengan versi sebelumnya.

Metropolitan | 10:32 WIB

"Diduga tidak diberikan jalan, seorang sopir ambulans pukul sopir dump truk di Pademangan," tulis @lensa_berita_jakarta.

Metropolitan | 00:10 WIB

Korban sudah ditemui dan diarahkan untuk buat laporan, namun sampai sekarang belum datang untuk membuat laporan, kata Wahyudi.

Metropolitan | 19:52 WIB

Rencana pembukaan blokade trotoar di depan Kedubes AS disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Dinas Bina Marga DKI, Wiwik Wahyuni.

Metropolitan | 19:36 WIB

"Ya saya sih lebih pilih ngadepin setan ya daripada manusia yang kelakuannya kayak setan," terang Ruben Onsu.

Gosip | 12:32 WIB

Irish Bella menggelar pengajian sebagai rasa syukur di hari ulang tahunnya.

Gosip | 12:30 WIB

Sejak pulang umrah, Jenita Janet memantapkan diri untuk mengenakan hijab.

Gosip | 12:28 WIB

Tasyi Athasyia diduga suruh asisten pribadinya membawa semua barang belanjaan yang cukup besar sendirian ketika jalan-jalan di mall bersama suami.

Gosip | 12:08 WIB

Lolly menanggapi nyinyiran netizen setelah dirinya meminta sang ibu, Nikita Mirzani membayar biaya tagihan sekolahnya di Inggris.

Gosip | 12:02 WIB
Tampilkan lebih banyak