5 Manfaat Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi menjadi masalah kesehatan yang cukup umum di masyarakat.

Langgeng Ikhtiar Pribadi
Sabtu, 04 Maret 2023 | 12:37 WIB
5 Manfaat Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi
5 Manfaat Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi (Pexels)

Suara Denpasar - Kolesterol tinggi menjadi masalah kesehatan yang cukup umum di masyarakat. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke

Oleh karena itu, menurunkan kadar kolesterol menjadi salah satu langkah penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Salah satu cara yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi adalah dengan olahraga secara teratur. Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Berikut adalah beberapa manfaat olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi dilansir dari Terkini.id:

Baca Juga:3 Bahaya Vape bagi Paru-Paru, Waspada!

Meningkatkan metabolisme lemak
Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak dalam tubuh. Hal ini membuat tubuh lebih efektif dalam mengolah lemak dan mengeluarkannya dari tubuh. Dengan demikian, kadar kolesterol dalam darah dapat turun secara signifikan.

Meningkatkan kadar HDL
Olahraga juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. HDL berfungsi untuk mengambil kolesterol dari dinding arteri dan membawanya kembali ke hati untuk diproses dan dikeluarkan dari tubuh. Dengan meningkatkan kadar HDL, risiko terkena penyakit jantung dan stroke dapat berkurang.

Meningkatkan sensitivitas insulin
Olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah dan meningkatkan penggunaan lemak sebagai sumber energi. Dengan demikian, risiko terkena penyakit kardiovaskular dan diabetes dapat berkurang.

Menurunkan berat badan
Olahraga secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan. Kegemukan atau obesitas merupakan salah satu faktor risiko utama terkena penyakit jantung dan stroke. Dengan menurunkan berat badan, risiko terkena penyakit tersebut dapat berkurang.

Meningkatkan kondisi fisik secara keseluruhan
Olahraga secara teratur juga dapat membantu meningkatkan kondisi fisik secara keseluruhan. Hal ini membuat tubuh lebih sehat dan kuat dalam melawan berbagai penyakit.

Baca Juga:Siap Tanggung Jawab Penuh! Ini yang Akan Diberikan Pertamina untuk Korban Kebakaran Plumpang

Dalam melakukan olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui jenis olahraga yang cocok untuk kondisi tubuh Anda. Kedua, pilih olahraga yang Anda sukai agar lebih mudah untuk dilakukan secara teratur. Ketiga, lakukan olahraga secara teratur dan konsisten untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

olahraga secara teratur merupakan salah satu cara yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Selain itu, olahraga juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memulai gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga.

dengan menjelaskan jenis-jenis olahraga yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan untuk menurunkan kolesterol tinggi antara lain:

Berjalan kaki
Berjalan kaki adalah salah satu jenis olahraga yang mudah dilakukan dan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Olahraga ini dapat membantu meningkatkan kadar HDL dalam darah dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Bersepeda
Bersepeda adalah olahraga yang dapat membantu meningkatkan kondisi jantung dan paru-paru, serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Olahraga ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak dan menurunkan kadar LDL dalam darah.

Berenang
Berenang merupakan jenis olahraga yang dapat membantu meningkatkan kondisi jantung dan paru-paru, serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Olahraga ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak dan menurunkan kadar LDL dalam darah.

Yoga
Yoga adalah jenis olahraga yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental. Selain itu, yoga juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh dan kekuatan otot, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan kuat dalam melawan berbagai penyakit.

Lari
Lari adalah jenis olahraga yang dapat membantu meningkatkan kondisi jantung dan paru-paru, serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Olahraga ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak dan menurunkan kadar LDL dalam darah.

Angkat beban
Angkat beban adalah jenis olahraga yang dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Olahraga ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak dan menurunkan kadar LDL dalam darah.

Dalam melakukan olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi, penting untuk memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh dan kemampuan fisik. Selain itu, lakukan olahraga secara teratur dan konsisten untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Dalam kesimpulannya, olahraga secara teratur merupakan salah satu cara yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. 

Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh dan lakukan secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. (*/Dinda)

Lifestyle

Terkini

Kiper Persebaya Ernando Ari disebut-sebut sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di Indonesia setelah penampilannya bersama Timnas Indonesia meraih emas di SEA Games 2023 di Kamboja.

Olahraga | 11:15 WIB

Eks pemain PSIS Semarang Pratama Arhan disebut sebagai Rory Delap asal Indonesia oleh fans atau suporter Tokyo Verdy.

Olahraga | 10:30 WIB

Pemain Persib Bandung Rachmat Irianto mengonfirmasikan cedera yang dialami oleh Sandy Walsh saat Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia di Surabaya pada Rabu (7/6/2023).

Olahraga | 09:14 WIB

Berbeda dengan Marselino Ferdinan, Kiper Persebaya Ernando Ari sampaikan keinginannya jika tak menjadi pemain bola.

Olahraga | 08:51 WIB

Pratama Arhan kembali membuat publik Tokyo takjub atas aksinya yang luar biasa kala Tokyo Verdy Vs Thespakusatsu Gunma skor akhir pertandingan 2-1.

Olahraga | 08:15 WIB

Kabar buruk bagi Sandy Walsh menjelang pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Palestina dan Argentina pada 14 dan 19 Juni mendatang.

Olahraga | 08:00 WIB

Beredar kabar yang heboh di sosial media yang menyebutkan bahwa sriker Liverpool telah resmi merapat ke Persija Jakarta. Pemain yang dimaksud ialah Roberto Firmino.

Olahraga | 07:45 WIB

Persija Jakarta secara mengejutkan dikabarkan telah resmi menjalin kerja sama dengan satu pemain baru pada bursa transfer musim ini.

Olahraga | 07:33 WIB

Sandy Walsh dikabarkan terancam gagal debut karena mengalami cedera saat pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia.

Olahraga | 07:29 WIB

Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah mendarat di Jerman, pada Rabu (7/6/2023) malam WIB untuk mencari dirtek baru pengganti Indra Sjafri.

Olahraga | 06:46 WIB

"Korban sempat melawan tetapi rekan pelaku datang untuk menghadapinya."

Metropolitan | 10:57 WIB

Perangkat lunak penunjang Jakarta Smart City ini disebut akan memiliki perbedaan dengan versi sebelumnya.

Metropolitan | 10:32 WIB

"Diduga tidak diberikan jalan, seorang sopir ambulans pukul sopir dump truk di Pademangan," tulis @lensa_berita_jakarta.

Metropolitan | 00:10 WIB

Korban sudah ditemui dan diarahkan untuk buat laporan, namun sampai sekarang belum datang untuk membuat laporan, kata Wahyudi.

Metropolitan | 19:52 WIB

Rencana pembukaan blokade trotoar di depan Kedubes AS disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Dinas Bina Marga DKI, Wiwik Wahyuni.

Metropolitan | 19:36 WIB

Tasyi Athasyia dituding playing victim setelah mantan pegawainya unggah video klarifikasi dan meminta maaf.

Gosip | 11:27 WIB

Mediasi antara Virgoun dan Inara dinyatakan gagal sehingga lanjut ke persidangan.

Gosip | 11:13 WIB

Artis Nikita Mirzani bereaksi usai sang anak, Laura Meizani Nasseru Arsy alias Lolly mohon-mohon agar dirinya membayar tagihan sekolahnya di Inggris.

Gosip | 10:51 WIB

Putri Ariani tidak hanya pandai menyanyi, tetapi juga memiliki suara yang sangat merdu ketika membaca Al-Quran braille.

Gosip | 10:38 WIB

Operasi pengangkatanselkanker payudara Nunung Srimulat di RS Medistra, Jakarta pada6 Juni2023 berjalan lancar.

Gosip | 10:32 WIB
Tampilkan lebih banyak