Scroll untuk membaca artikel
Rabu, 25 Januari 2023 | 09:40 WIB

Wow! Vila Hotman Paris Laku Rp500 Miliar, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta Ikut Kecipratan

Aryo
Wow! Vila Hotman Paris Laku Rp500 Miliar, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta Ikut Kecipratan
Vila Hotman Paris laku terjual dengan harga sekitar Rp500 miliar. Bupati Badung Nyoman Giri Prasta pun ikut kecipratan. (Instagram @hotmanparisofficial)

Suara Denpasar – Pengacara kondang Hotman Paris mengaku vila miliknya di Kawasan Canggu, sebetulnya wilayah Brawa, Tibubeneng, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali, sudah laku. Lantas, Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta dapat berapa?

Vila yang berada langsung di tepi pantai sebelumnya dibuka harga Rp550 miliar. Sempat dipromosikan Hotman Paris melalui akun instagramnya @hotmanparisofficial 19 Januari 2023 lalu.

“Villa Hotman Paris di Canggu Bali! Samping Atlas! Di jual dgn harga rp 550 miliar! Sudah di tawar @andrew8is (pemegang saham Atlas seharga Rp 500 miliar! Cocok utk beach club! Lokasi terbaik di Bali utk Beach Club,” tulisnya.

Pada Selasa (24/1/2023), Hotman Paris pun memposting lagi mengaku sedang di Kantor Notaris Evi Susanti Panjaitan. Dia menyatakan sedang mengurus proses jual-beli dengan seorang konglomerat Tangerang, Banten.

Baca Juga:Sempat Ditawar Rp500 Miliar, Hotman Paris Ngaku Vila Miliknya di Bali Dibeli Konglomerat Tangerang

"Saya jual vila, yang belinya konglomerat Tangerang. Masih muda-muda sudah kaya," kata Hotman Paris.

Dia tidak menjelaskan vila miliknya laku dengan harga berapa. Namun, bila mengacu pada klaim sudah ditawar bos Holywings Group (HWG) Andrew seharga Rp500 miliar, dan dia membuka harga Rp550 miliar, bisa jadi vila itu laku di antara harga tersebut.

Lantas, apa saja kewajiban Hotman Paris, terutama mengenai pajak-pajak yang harus dibayar?

Berdasarkan sejumlah peraturan pemerintah dan peraturan daerah, Hotman Paris pun harus membayar kewajiban PPh dan BPHTB.

Nah, khusus untuk kewajiban kepada pemerintah daerah, dalam hal ini Kabupaten Badung, sesuai Perda 28 tahun 2023 tentang Perubahan Atas Perda 14/2010 tentang BPHTB, disebutkan bahwa tarif pajak BPTB adalah 5 persen. 

Baca Juga:Pengacara R Booking Cewek dan Jaminkan KTP hingga Kini Bilang KTP Dicuri, Hotman Paris: Menjijikan!

Sesuai aturan, tarif pajak 5 persen itu setelah nilai transaksi (nilai perolehan objek pajak/ NPOP) dikurangi nilai perolehan objek pajak tidak kena pajak (NPOPTKP). Saat ini, NPOPTKP di Badung adalah Rp60 juta.

Mengingat nilai transaksinya sekitar Rp500 miliar, maka pengurangan Rp60 juta tidak terlalu besar pengaruhnya.

Maka besaran BPHTB yang wajib disetor Hotman Paris kepada Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, tentunya lewat Bapenda Badung dan masuk sebagai kas daerah sebesar Rp25 miliar.

Secara pribadi, Bupati Giri Prasta pun akan mendapat insentif pemungutan pajak (dulu bernama upah pungut) dari transaksi yang dilakukan Hotman Paris. 

Selama ini, insentif pemungutan pajak daerah diberlakukan sekitar 3 persen dari perolehan pendapatan asli daerah. Dana ini dibagi untuk para pejabat atau pegawai yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam pemungutan pajak ini. Termasuk Bupati Giri Prasta akan kecipratan duit Hotman Paris. (*)

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Lifestyle

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda