Scroll untuk membaca artikel
Senin, 16 Januari 2023 | 16:50 WIB

Terbaru! Hari Ini Presiden Siapkan Pesawat Pribadi Pulangkan Ibu Eny & Tiko dari Singapura, Jokowi Tak Sabar Melihat Kesembuhan Ibu Eny? Cek Fakta

Rovin Bou
Terbaru! Hari Ini Presiden Siapkan Pesawat Pribadi Pulangkan Ibu Eny & Tiko dari Singapura, Jokowi Tak Sabar Melihat Kesembuhan Ibu Eny? Cek Fakta
Terbaru! Hari Ini Presiden Siapkan Pesawat Pribadi Pulangkan Ibu Eny dan Tiko dari Singapura, Jokowi Tak Sabar Melihat Kesembuhan Ibu Eny? Cek Fakta (YouTube 'ZI Informasi)

Suara Denpasar - Kisah tentang Tiko memang layak mendapat perhatian publik. Bagaimana tidak, pria berusia 23 tahun itu dengan sabar merawat ibunya (Eny Sukaesih) di sebuah rumah mewah tanpa listrik dan air bersih selama 12 tahun.

Selain respek kepada sosok Tiko yang sabar, publik mulai menaruh iba terhadap ibu Eny yang menurut Tiko sendiri ibunya itu mengalami gangguan jiwa.

Salah satu yang dikabarkan menaruh perhatian pada ibu Eny adalah Presiden Joko Widodo

Orang nomor satu Indonesia itu dikatakan telah menyiapkan pesawat pribadi untuk kepulangan ibu Eny dan Tiko yang dikabarkan sedang berobat di Singapura.

Baca Juga:Viral Laudya Cynthia Bella Mantap Pindah Agama demi Menikah dengan Dimas Beck, Cek Faktanya

Kabar tersebut diketahui denpasar.suara.com dari sebuah video yang diunggah akun YouTube 'ZI Informasi pada Sabtu, (14/1/2023) lalu.

Pada thumbnail YouTube tersebut berisis foto Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, serta Tiko dan Ibu Eny dengan tulisan, "Presiden Siapkan Pesawat Pribadi Untuk Kepulangan Ibu Eny & Tiko Usai Berobat Ke Singapura Hari Ini."

Sedangkan pada video tersebut diberi judul, "Sungguh Mulia Hati Presiden Jokowi, Siapkan Pesawat Pribadi Untuk Kepulangan Tiko & Ibu Eny."

Dalam video itu dinarasikan bahwa Tiko mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah banyak membantu Ibunya selama berobat di Singapura.

"Presiden Joko Widodo juga tak sabar melihat atas kesembuhan ibu Eny dan bisa berkumpul seperti sediakala dengan Tiko, putra semata wayangnya," kata narator dalam video tersebut.

Baca Juga:RANS Nusantara FC Perkenalkan Kantor, Raffi Ahmad Ditantang DatangkanRonaldo? Begini Jawaban Suami Nagita Slavina

"Usai mengabati pengobatan khusus di Singapura, Ibu Eny menunjukan 90 persen yang sangat luar biasa. Tiko sangat bersyukur dan tidak lupa berterima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana yang telah membantu banyak bagi Tiko dan Ibu Eny hingga sembuh," sambungnya.

Namun apakah kabar tersebut benar adanya?

CEK FAKTA SEBENARNYA.

Fakta sebenarnya Ibu Eny Sukaesih (Ibu Tiko) saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, Jakarta Timur. 

Menurut Direktur Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, Nikensari Koesrindartia Kondisi Ibu Eny Sukaesih saat ini semakin membaik.

"Kondisi kesehatan pasien secara fisik dan psikis secara bertahap sedikit demi sedikit menuju ke arah yang lebih positif, baik," kata Nikensari di Jakarta, Senin (9/1/2023), seperti dikutip dari Antara.

YANG TIDAK SESUAI FAKTA SEBENARNYA

1. Dinarasikan bahwa Ibu Eny berobat ke Singapura, sementara faktanya Kondisi keuangan Tiko dan Ibu Eny sangat memprihatinkan.

2. Dikatakan Jokowi siapkan peswat pribadi untuk kepulangan Ibu Eny dan Tiko Usai berobat di Singapura, sementara faktanya Ibu Eny dirawat di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, Jakarta Timur. 

KEJANGGALAN 

1. Tidak ada bukti berupa foto atau video Ibu Eny dan Tiko sedang berobat di Singapura.

2. Tidak ada pernyataan resmi dari Jokowi terkait pesawat pribadi yang disiapkan untuk kepulangan ibu Eny dan Tiko sebagaimana yang dinarasikan.

3. Dalam video tersebut hanya menayangkan foto-foto Jokowi dan Ibu Iriana, foto sebuah rumah sakit di Singapura, foto pesawat Kepresidenan, foto Tiko dan Foto Ibu Eny.

KESIMPULAN

Dengan beberapa kejanggalan dan narasi yang dilebih-lebihkan jika dibandingkan dengan fakta penelusuran denpasar.suara.com, maka dapat dipastikan kabar yang disampaikan kanal YouTube ZI Informasi tersebut adalah hoax. (*/Dinda)

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Lifestyle

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda