Scroll untuk membaca artikel
Jum'at, 25 November 2022 | 06:00 WIB

Ternyata, Tersangka Suap AKBP Bambang Kayun Seangkatan Irjen Teddy Minahasa dan 3 Kapolda Ini

Aryo
Ternyata, Tersangka Suap AKBP Bambang Kayun Seangkatan Irjen Teddy Minahasa dan 3 Kapolda Ini
AKBP Bambang Kayun Bagus Panji Sugiharto jadi tersangka kasus suap. Foto kanan, Irjen Teddy Minahasa jadi tersangka kasus narkoba. Sesama Akpol 1993. (Facebook/ IST)

Suara Denpasar – Soal karier di kepolisian, AKBP Bambang Kayun Bagus Panji Sugiharto, tersangka kasus suap yang ditangani KPK, tak semoncer beberapa teman seangkatannya. Sejumlah kawan seangkatan AKBP Bambang Kayun di Akpol 1993 atau biasa disebut Batalyon Pesat Gatra, sudah ada yang menyandang jenderal bintang dua atau inspektur jenderal polisi (Irjen Pol).

Dari penelusuran Suara Denpasar, AKBP Bambang Kayun yang lahir di Grobogan, Jawa Tengah, pada 30 Mei 1970 menyelesaikan pendidikan SDN 1 Grobogan pada 1983, lalu menyelesaikan pendidikan di SMPN 2 Demak pada 1986, dan SMAN 1 Demak pada 1989.

Dia melanjutkan pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) tamat tahun 1993. Sempat bertugas di Jakarta, dari Dan Team Walet Dit Samapta Polda Metro Jaya, lalu Pamapta Polres Metro Jakarta Utara, Kanit Res Intel Polsek Metro Tanjung Priok Polres Metro Jakarta Utara, dan Kanit Res Intel Polsek Metro Pademangan Polres Metro Jakarta Utara pada 1998.

Bambang Kayun pernah menjabat sebagai Kasat Serse Polresta Pontianak tahun 2008, dan menjabat di Polda Kalimantan Barat. Bambang Kayun juga pernah menjadi Kasubbag SKK Bagjianbang Sempim Lemdiklat Polri, dan Kasubag Penerapan Pidana dan HAM Bagian Penerapan Hukum Biro Bantuan Hukum Divisi Hukum Polri pada 2013-2019. 

Baca Juga:Tersangka Gembong Narkoba Irjen Teddy Minahasa Cabut BAP, Polda Metro Cuek, Alat Bukti Lebih dari Cukup!

Meski Akpol 1993, bisa dibilang kariernya tidak terlalu moncer. Sebagai perwira menengah Polri berpangkat AKBP, dalam catatan Suara Denpasar, dia belum pernah menjabat sebagai Kapolres.

Dengan usia saat ini 52 tahun, dia mestinya masih punya waktu 6 tahun lagi menjelajah karier di kepolisian. Sebab, usia pensiun anggota Polri 58 tahun.   

Bahkan, Bambang Kayun Bagus ditinggalkan oleh sejumlah rekan seangkatannya dalam hal karier di Korps Bhayangkara. Beberapa teman seangkatannya bahkan sudah ada beberapa yang meraih pangkat jenderal bintang dua atau inspektur jenderal atau Irjen Pol dengan jabatan yang mentereng. Walau ada juga yang tersandung di tengah karier yang melejit.

Di antara kawan seangkatan AKBP Bambang Kayun Bagus Panji Sugiharto yang sudah meraih bintang dua adalah Irjen Teddy Minahasa, Irjen Rudi Darmoko, Irjen Midi Siswoko, Irjen Albertus Rachmad Wibowo, dan Irjen Helmy Santika.

Sekadar diketahui, Irjen Teddy Minahasa sempat menjadi Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) dan ditunjuk jadi Kapolda Jatim, namun tersandung kasus narkoba. Saat ini kasus narkoba yang membelit Irjen Teddy Minahasa masih dalam proses penyidikan di Ditnarkoba Polda Metro Jaya.

Baca Juga:Karier Andi Rian Djajadi Meroket usai Jebloskan Ferdy Sambo dan Berkah Kasus Teddy Minahasa

Lulusan terbaik Akpol 1993 adalah Irjen Rudi Darmoko yang saat ini menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri sejak 2021.

Selain itu, ada tiga tamatan Akpol 1993 yang memegang jabatan Kapolda. Yakni Irjen Midi Siswoko yang merupakan Kapolda Muluku Utara; Irjen Albertus Rachmad Wibowo yang sempat jadi Kapolda Jambi, dan kini sebagai Kapolda Sumatera Selatan; dan Irjen Helmy Santika yang menjabat sebagai Kapolda Gorontalo.

Sedangkan karier AKBP Bambang Kayun terancam tamat. Dia saat ini menjalani sidang etik Polri. Selain itu menjadi tersangka kasus suap dalam perkara pemalsuan surat perebutan ahli waris pengusaha di Pontianak, Kalimantan Barat. Dia diduga menerima suap puluhan milar dan kendaraan mewah dari salah satu pihak dalam perebutan ahli waris pengusaha H.M. Said (almarhum).

"Adapun pihak yang menjadi tersangka salah satunya benar pejabat di Divisi Hukum Kepolisian RI saat itu dan juga dari pihak swasta," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Rabu (23/11/2022). (*)

Berita Terkait

Tag

terpopuler

News

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda