Jadi Tersangka Suap, KPK Blokir Rekening AKBP Bambang Kayun

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memblokir rekening bank milik tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi AKBP Bambang Kayun Bagus Panji Sugiharto (BPS). Hal itu dibenarkan Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Aryo
Kamis, 24 November 2022 | 19:04 WIB
Jadi Tersangka Suap, KPK Blokir Rekening AKBP Bambang Kayun
Kabag Pemberitaaan KPK, Ali Fikri menjelaskan bahwa penyidik KPK memblokir rekening AKBP Bambang Kayun dalam perkara suap. (Suara.com/Welly)

Suara Denpasar - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memblokir rekening bank milik tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi AKBP Bambang Kayun Bagus Panji Sugiharto (BPS). Hal itu dibenarkan Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

"Tim Penyidik KPK telah melakukan pemblokiran beberapa rekening bank milik tersangka dan atau pihak lain yang terkait dengan perkara ini," jelas Ali Fikri.

Ali Fikri menjelaskan, pemblokiran rekening tersangka perwira menengan Polri ini dilakukan penyidik KPK agar proses penyidikan kasus berlangsung optimal. Dikatakan, dugaan korupsi ini berawal dari laporan pengaduan masyarakat ke KPK.

Ali juga menyatakan bahwa KPK akan menyampaikan setiap perkembangan dalam perkara dugaan korupsi ini. Dia juga menegaskan, proses penyidikannya dilakukan secara profesional, transparan, dan mematuhi ketentuan hukum yang berlaku.

Baca Juga:Istri yang Lain Rebutan Harta, Istri Ketiga AKBP Aris Rusdiyanto, Nurul Nia Beri Jawaban Elegan

Sebelumnya KPK menetapkan AKBP Bambang Kayun BPS dengan pihak swasta sebagai tersangka perkara dugaan suap dan gratifikasi dengan pemalsuan surat dalam kasus perebutan hak ahli waris dari pemilik perusahaan transportasi minyak dan gas, PT Aria Citra Mulia (ACM), H.M. Said Kapi di Pontianak, Kalimantan Barat.

Perkara rebutan ahli waris PT ACM ini sendiri sudah berlangsung lama. Bahkan sudah dilaporkan ke Bareskrim Polri pada 2016. Saat itu sudah ada daftar pencarian orang (DPO), yang pasangan suami istri bernama Emilya Said dan Herwansyah.

Emilya Said adalah anak H.M. Said, dari istri kedua. Namun, H.M. Said sudah bercerai dengan istri keduanya ini. Karena itu terjadilah perebutan hak ahli waris H.M. Said antara istri pertama dengan anak dari istri keduanya, terutama kepemilikan PT ACM.   

"Adapun pihak yang menjadi tersangka salah satunya benar pejabat di Divisi Hukum Kepolisian RI saat itu dan juga dari pihak swasta," kata Ali Fikri, Rabu (23/11).

Selain memblokir rekening AKBP Bambang Kayun, KPK juga sudah meminta pencegahan selama enam bulan terhadap AKBP Bambang Kayun ke Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Upaya ini dilakukan agar AKBP Kayun tidak kabur ke luar negeri.

Baca Juga:Ternyata Hotman Paris Jalin Hubungan dengan Nia, Istri Ketiga AKBP Aris Rusdiyanto, Berbalas Cium Mesra

Di sisi lain, atas penetapan tersangka, AKBP Bambang Kayun melakukan perlawanan. Dia melakukan pendaftaran permohonan praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada Senin (21/11). Perkara ini telah dijadwalkan sidang pada 5 Desember 2022 mendatang.

Sebagai tersangka suap, AKBP Bambang Kayun diduga menerima uang milyaran rupiah hingga kendaraan mewah. (Suara.com/Antara)

News

Terkini

Penyerang Bali United, Ilija Spasojevic memberikan target dirinya untuk Piala AFF 2022 setelah dipanggil Shin Tae yong ke Timnas Indonesia.

Olahraga | 06:25 WIB

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, hadir langsung dalam latihan Timnas Indonesia untuk memberi motivasi kepada para pemain menjelang piala AFF 2022 di pemusatan latihan (TC) di markas latihan Bali United.

Olahraga | 06:10 WIB

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap pemain naturalisasi yang resmi menyandang kewarganegaraan Indonesia dapat membantu tim nasional (timnas) sepak bola senior bermain bagus saat Piala AFF 2022.

Olahraga | 03:45 WIB

Kongres luar biasa (KLB) pemilihan ketua umum PSSI akan berlangsung pada 16 Februari 2023 dengan pemilik suara adalah anggota PSSI.

Olahraga | 03:24 WIB

STY mengaku memiliki kendala saat hendak memanggil pemain dari klub untuk mengikuti pemusatan latihan untuk Timnas di Training Ground Bali United, Pantai Purnama, Gianyar.

Olahraga | 03:11 WIB

Sederet nama ini pun dianggap bisa menjadi senjata andalan Shin Tae-yong untuk memenangkan Piala AFF 2022. Siapa saja mereka?. Berikut ini ulasan prediksinya.

Olahraga | 02:22 WIB

Rizky Billar, suami dari Lesti Kejora tampaknya menghadapi masalah serius. Sebab, Jefri Nichol menantangnya untuk adu pukul. Bagaimana ceritanya?

Lifestyle | 02:03 WIB

Berani posting foto RD untuk promosi toko bunga miliknya, Denise Chariesta terima peringkatan ini dari Lutfi Agizal

Lifestyle | 23:53 WIB

Pasca diusir Ambu Ratna Mustika dari gedung kembar kini Kang Dedi Mulyadi menempati sebuah gedung baru. Lokasi gedung baru tersebut berada di Jalan K. Kol Singawinata Purwakarta.

Lifestyle | 23:14 WIB

Persib Bandung menjadi salah satu tim yang selalu melahirkan para pemain muda berbakat, setelah Kakang Rudianto yang berhasil masuk Timnas Indonesia. Satu lagi, wonderkid Persib Bandung resmi diboyong ke Inggris.

Olahraga | 22:40 WIB

Penangkapan tersebut berawal dari laporan masyarakat yang mengungkapkan ada transaksi narkoba di rumah kos Dusun Padang, Desa Puty, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

Metropolitan | 12:44 WIB

Sebelumnya, empat orang didakwa dalam kasus pernikahan manusia dengan kambing menggunakan syariat Islam.

Metropolitan | 12:17 WIB

Saat ini Menteri PUPR kembali menjadi sorotan warganet setelah video ngerapnya diunggah oleh akun Twitter @KemenPU di media sosial Twitter.

Metropolitan | 18:30 WIB

"Kekosongan Sekda ini karena dia dilantik ya, itu dia membantu pak Gubernur..."

Metropolitan | 17:06 WIB

"Bhabin kan terima info dari pihak Bidakara kalau ini mobil kok dari kemarin enggak bergerak posisinya. Dicek lah sama mereka, akhirnya kok ada orang di dalamnya..."

Metropolitan | 16:42 WIB

Atta Halilintar dapat kue ulang tahun dari seorang pengusaha.

Gosip | 06:30 WIB

Lewat unggahan Instagram, Mayang memamerkan hobi barunya yang ramai dipuji keren.

Gosip | 06:05 WIB

Azka Raqilla Mawardi, anak Nikita Mirzani nampaknya tidak tahu bahwa sang ibu masih ditahan karena kasus pencemaran nama baik sehingga tidak pulang.

Gosip | 00:05 WIB

Warganet menduga ayah Lesti Kejora selalu mengawal anaknya bepergian, agar tak hanya berdua dengan Rizky Billar.

Gosip | 22:35 WIB

Ernest Prakasa tampak senang sekali ketika lawan Jefri Nichol saat tanding tinju menggelepar.

Gosip | 22:10 WIB
Tampilkan lebih banyak