Segera Daftar! Rekrutmen PPK dan PPS Dibuka, KPU Tabanan: Honorarium Naik Tembus Jutaan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan telah mulai melaksanakan rekrutmen anggota badan adhoc. Untuk panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara desa/kelurahan (PPS).

Julio
Kamis, 24 November 2022 | 08:05 WIB
Segera Daftar! Rekrutmen PPK dan PPS Dibuka, KPU Tabanan: Honorarium Naik Tembus Jutaan
(Kiri) Komisioner KPU Tabanan Divisi Sosialisasi dan SDM Ni Putu Suaryani yang didampingi Divisi Penyelenggaraan Pemilu Luh Made Sunadi. (Suara Denpasar)

Suara Denpasar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan telah mulai melaksanakan rekrutmen anggota badan adhoc. Untuk panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara desa/kelurahan (PPS).

Penerimaan dan pendaftaran PPK ini dimulai 20-29 November mendatang. Sedangkan PPS dimulai pada 18-27 Desember 2022 mendatang. 

Rekrutmen badan adhoc tersebut telah dimulai dilakukan sejak 20 November kemarin dengan pelamar yang mendaftar melalui sistem online milik KPU yakni Siakba

Sudah dua hari proses rekrutmen pendaftaran dibuka, KPU Tabanan mencatat sudah ada sebanyak 151 orang yang mendaftar diri sebagai calon PPK dan itu tersebar di semua kecamatan yang ada di Tabanan. 

Baca Juga:PKB Tidak akan Bercerai dengan Gerindra, Ingin Membangun Kekuatan Sampai Menang

Komisioner KPU Tabanan Divisi Sosialisasi dan SDM Ni Putu Suaryani yang didampingi Divisi Penyelenggaraan Pemilu Luh Made Sunadi menyebut rekrut badan adhoc PPK dan PPS untuk pemilu serentak tahun 2024 mendatang ada perbedaaan dari sisi syarat. 

Salah satunya yang paling mencolok adalah perihal batasan periodisasi PPK dan PPS. Sebelumnya ada batasan soal periode. Dimana pelamar/masyarakat yang sudah menjadi anggota PPK dan PPS dua kali pada pemilu sebelumnya tidak diperkenankan untuk mendaftar. Tetapi sekarang tidak syarat itu. 

“Jadi saat ini sesuai aturan baru dihapus syarat batas periode tersebut. Bebas boleh mendaftar bila PPK dan PPS pernah dua kali sebagai penyelenggara pemilu,”  ujar Suaryani di Kantor KPU Tabanan, Rabu (23/11/2022). 

Penghapusan syarat periodisasi ini dijelaskan Suaryani dengan mempertimbang berbagai hal yang dilakukan oleh KPU RI. Mulai dari pelamar yang mendaftar lebih banyak dan proses seleksi bisa dilakukan lebih baik. Kemudian melihat track record dari PPK dan PPS sendiri. 

Rekrutmen PPK dan PPS siapapun yang memenuhi syarat minimal 17 tahun dan tamatan SMA boleh mendaftar,” ungkapnya. 

Baca Juga:4 Jenis Dapur yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Perlu diketahui pula syarat lainnya untuk mendaftar sebagai PPK dan PPS harus memiliki kemampuan IT. Kemampuan ini sangat dibutuhkan mengingat sekarang sudah zaman teknologi. 

“Ini juga menjadi salah satu syarat sebagai calon anggota PPK dan PPS, karena nyaris semua pekerjaan sebagai penyelenggara pemilu menyangkut tentang IT,” jelasnya.   

Yang menarik lagi rekrutmen badan adhoc ini adanya kenaikan honorarium (gaji) PPK dan PPS hingga nantinya KPPS. 

Besaran honorarium sesuai aturan Kementerian Keuangan RI gaji sebagai badan adhoc mencapai jutaan rupiah dari yang semula hanya ratusan ribu. 

Salah satunya KPPS honorarium yang dulunya pemilu tahun 2019 kisaran RP 400-500 ribu. Sekarang menjadi RP 1,2 juta untuk Ketua KPPS dan anggota KPPS sebesar RP 1,1 juta. 

Begitu pula dengan honorarium petugas PPK dan PPS. Dulu dibawah satu juta. Kini untuk Ketua PPK saja honorarium RP 2,5 juta dan anggota PPPK Rp 2,2 juta. 

“Sedangkan PPS honorarium pada pemilu 2024. Untuk Ketua PPS saja Rp 1,5 juta dan anggota PPS Rp 1,3 juta,” tandasnya. ***

Bali

Terkini

Kompetisi BRI Liga 1 Indonesia bakal bergulir kembali. Bahkan jadwal kapan bergulir kembali telah ditentukan.Lanjutan putaran pertama akan dimulai 5 Desember mendatang.

Olahraga | 20:41 WIB

elang Piala AFF 2022, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memimpin langsung latihan fisik para pemain timnas di pemusatan latihan (TC) Sabtu, (3/12/2022) sore.

Olahraga | 19:30 WIB

Kabar buruk datang dari salah satu pemain andalan Shin Tae yong di Timnas Indonesia, Elkan Baggott dipastikan absen di Piala AFF 2022.

Olahraga | 19:01 WIB

Acara ngulek sambal bawang putih serentak memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia). Acara ngulek sambal bawang putih itu dilakukan di 43 kabupaten/ kota di Indonesia,

News | 18:58 WIB

Timnas Indonesia saat ini sedang melakukan pemusatan latihan untuk Piala AFF 2022 di Bali, 28 Desember 2022.

Olahraga | 18:40 WIB

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengunjungi para pemain timnas Indonesia yang sedang berlatih di pemusatan latihan (TC) di Markas Bali United

Olahraga | 18:20 WIB

Shin Tae-yong merupakan mantan pemain sepakbola berkebangsaan Korea Selatan yang kini menjadi pelatih tim nasional Indonesia.

Olahraga | 18:16 WIB

Pada foto itu, tampak Kang Dedi Mulyadi terlihat necis. Dia mengenakan celana panjang warna putih dan atasan jaket bermotif warna hitam, putih dan kuning.Kang Dedi makin terlihat keren dengan mengenakan kaca mata hitam. Dia tampaknya sudah mempersiapkan helm dan motif skuter Vespa.

Lifestyle | 18:12 WIB

Setelah dihujat, kini Denise Chariesta banjir suport karena berhasil membuat warganet merasa simpati terhadapnya dengan melukat di Bali.

Lifestyle | 17:58 WIB

Denise Chariesta mengakui bahwa dirinya harus melukat karena banyak sekali dosa - dosa yang ia perbuat selama ini.

Lifestyle | 17:57 WIB

Penangkapan tersebut berawal dari laporan masyarakat yang mengungkapkan ada transaksi narkoba di rumah kos Dusun Padang, Desa Puty, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

Metropolitan | 12:44 WIB

Sebelumnya, empat orang didakwa dalam kasus pernikahan manusia dengan kambing menggunakan syariat Islam.

Metropolitan | 12:17 WIB

Saat ini Menteri PUPR kembali menjadi sorotan warganet setelah video ngerapnya diunggah oleh akun Twitter @KemenPU di media sosial Twitter.

Metropolitan | 18:30 WIB

"Kekosongan Sekda ini karena dia dilantik ya, itu dia membantu pak Gubernur..."

Metropolitan | 17:06 WIB

"Bhabin kan terima info dari pihak Bidakara kalau ini mobil kok dari kemarin enggak bergerak posisinya. Dicek lah sama mereka, akhirnya kok ada orang di dalamnya..."

Metropolitan | 16:42 WIB

Entah karena saking tipisnya atau memang tak memakai celana dalam, belahan di area intim Lucinta Luna terlihat cukup jelas.

Gosip | 21:05 WIB

Livy Renata mewajarkan ibunya marah ke Deddy Corbuzier.

Gosip | 20:53 WIB

Fan meeting Ji Chang Wook seharusnya digelar pada 2019.

Gosip | 20:35 WIB

Azka menangis ketika menonton Piala Dunia 2022, karena teringat Nikita Mirzani yang masih mendekam di tahanan.

Gosip | 20:20 WIB

Denise Chariesta yang sudah tidak perawan dan pernah menjadi pelakor takut tak ada pria single yang mau dengannya.

Gosip | 20:10 WIB
Tampilkan lebih banyak