Keras! Gendo 'Serang' Gubernur Koster gegara Bunuh SMA Bali Mandara: 'Mati di Tangan Politisi'

Aktivis yang pengacara Wayan Suardana alias Gendo menyerang kebijakan Gubernur Bali Wayan Koster yang menurutnya membunuh Sekolah Bali Mandara (SMA Bali Mandara dan SMK Bali Mandara).

Aryo
Rabu, 23 November 2022 | 17:44 WIB
Keras! Gendo 'Serang' Gubernur Koster gegara Bunuh SMA Bali Mandara: 'Mati di Tangan Politisi'
Wayan Suardana alias Gendo (foto kiri) menyerang kebijakan Gubernur Bali, Wayan Koster yang 'membunuh' SMA Bali Mandara. (Instagram)

Suara Denpasar – Aktivis yang pengacara Wayan Suardana alias Gendo menyerang kebijakan Gubernur Bali Wayan Koster yang menurutnya membunuh Sekolah Bali Mandara (SMA Bali Mandara dan SMK Bali Mandara).

Serangan Wayan Gendo Suardana itu disampaikan melalui media sosial Instagram @gendovara Rabu (23/11/2022). Dalam unggahan di Instagram, Gendo menulis bahwa dirinya salah satu orang yang setuju dengan gagasan Sekolah Balii Mandara, di luar urusan seragam.

Menurut Gendo, SMA Bali Mandara merupakan wujud nyata pelaksanaan kewajiban negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, memberi secercah harapan bagi warga yang lemah akses untuk setara.

“Sayang dia “dibunuh” dan “mati muda”, entah karena apa (emoticon sedih),” tulis Gendo.

Baca Juga:Memanas! Aktivis Bali Gendo Suardana Tantang Ketua MDA Bali Debat Terbuka, Ini Topiknya

Gendo menyatakan, dukungannya terhadap keberadaan Sekolah Bali Mandara bukan tentang siapa penggagasnya. Menurutnya, dukungannya ini adalah tentang sebuah gagasan yang baik untuk anak bangsa.

“Sayang gagasan itu mati muda di tangan politisi,” terangnya.

Pernyataan Wayan Gendo yang mendukung Sekolah Bali Mandara “bukan tentang siapa penggagasnya” ini tentu mengingatkan Gubernur Bali sebelumnya, Made Mangku Pastika yang menggagas sekolah berbasis asrama tersebut.

Saat Made Mangku Pastika menjadi Gubernur Bali, Gendo adalah salah satu aktivis Bali yang sangat vocal dan kerap menentang kebijakan-kebijakannya. Di antaranya adalah proyek akomodasi pariwisata di Tahura hingga reklamasi Teluk Benoa. Namun, dalam kasus Sekolah Bali Mandara, dia tidak mempersoalkan siapa penggagasnya, apakah itu Mangku Pastika atau bukan.

Lebih lanjut, aktivis asal Ubud, Gianyar, ini mengatakan dihentikannya sekolah berasrama model Sekolah Bali Mandara oleh Wayan Koster tidak sekadar mematikan gagasan, juga mematikan sekian banyak masa depan generasi bangsa yang layak mengenyam pendidikan tapi “salah tempat lahir”.

Baca Juga:Niluh Djelantik Ikut Komentar Surat Gendo untuk MDA soal Tahan Kritik saat G20: Ngakak!

“Ya mereka lahir di negara yang politisinya bukan bertempur tentang gagasan tapi bertempur tentang citra politik dan berebut “legacy” (warisan, red) demi ego politiknya,” pungkas Gendo.

Sekadar diketahui, SMA Bali Mandara maupun SMK Bali Mandara adalah program sekolah berbasis asrama yang ada di Buleleng, dan diperuntukkan bagi siswa miskin. Awalnya program yang dimulai dari 2011 ini merupakan kerja sama antara Pemprov Bali dengan Sampoerna Foundation. Namun, belakangan Yayasan Sampoerna tidak memberikan dana lagi, sehingga seluruh pembiayaan ditanggung Pemprov Bali.

SMA Bali Mandara ini telah melahirkan banyak lulusan bisa melanjutkan ke perguruan tinggi kelas atas seperti ITB, IPB, UGM, dan lainnya. Bahkan ada yang kuliah ke luar negeri. Beberapa lulusannya juga ada yang menjadi dokter hingga satuan kepolisian. Sebagian lagi menjadi pengusaha.

Model sekolah berasrama dengan biaya ditanggung penuh oleh pemerintah ini dianggap cukup berhasil, khususnya dalam pengentasan kemiskinan. Akan tetapi, mulai tahun ajaran 2022/2023, SMAN Bali Mandara menghapus model sekolah berasrama, sebaliknya dijadikan sekolah reguler, atau sekolah pada umumnya.

Di sisi lain, model sekolah berasrama yang biayanya ditanggung penuh pemerintah dan mengadopsi kurikulum internasional ini malah dicontoh oleh beberapa daerah lain di Indonesia. Seperti Provinsi Jawa Tengah yang kini sudah memiliki 18 unit sekolah yang tersebar di beberapa kabupaten. 

Pernyataan Gendo tentang SMA Bali Mandara yang "dibunuh" Gubernur Bali Wayan Koster ini pun mendapat komentar dari sejumlah netizen.

“Padahal sudah terbukti menghasilkan lulusan yang berhasil dan membantu keluarga tidak mampu,” kata @andhika_adityas.

“Besok akan dibuat lagi program yang sama dangan nama Sekolah Satu Jalur.. Wkwkwk,” tulis @agus_brahmantra. (*)

Bali

Terkini

Namun ancamannya itu kini berbalik. Mantan juara tinju dunia, Mike Tyson angkat bicara. Dia dengan sangarnya akan bertarung dengan Canelo Alvares jika petinju muda itu menyentuh Lionel Messi.

Olahraga | 07:17 WIB

dirinya juga tengah fokus pada seorang perempuan yang kini bisa dia entaskan dari dunia prostitusi

Lifestyle | 06:17 WIB

Dedi Mulyadi mengaku dirinya baru tahu, karena baru mendapatkan kabar saat dirinya tengah dalam perjalanan menuju tempat tersebut.

News | 05:20 WIB

Akibat hal ini, seluruh barang-barang koleksi pribadinya di gedung tersebut juga harus diangkut.

Lifestyle | 05:00 WIB

Komentar dari Ciro ini mendapatkan banyak puluhan komentar dari warganet lainnya

Olahraga | 02:49 WIB

Kalau mencintai NU gak mencintai ini (lukisan Hasyi As'ari) ya bohong, mencintai NU berarti mencintai Hasyim Asari

News | 02:21 WIB

Ada lontaran pernyataan yang menarik diungkapan Dedi Mulyadi saat mengemasi sejumlah barang-barang miliknya yang berada di Gedung Kembar.Itu setelah melihat barang-barang berupa lukisan berada diluar dan ditaruh sembarangan setelah diusir Ambu Anne Ratna Mustika.

Lifestyle | 00:56 WIB

Gedung Kembar bagi Kang Dedi Mulyadi menyimpan banyak kenangan. Bukan semata bagi dirinya dan keluarga. Melainkan bagi perkembangan pembangunan Purwakarta.

Lifestyle | 00:08 WIB

Kendati diceraikan hingga diusir oleh Ambu Anne Ratna. Kang Dedi Mulyadi rupanya mulai bisa menerima dan tabah menjalani prahara rumah tangganya yang belum menemukan titik terang untuk bakal rujuk kembali.

News | 23:36 WIB

Perkiraan penghasilan anggota DPR RI, Dedi Mulyadi alias Kang Dedi cukup besar. Situs Social Blade memperkirakan penghasilan kanal Youtube Kang Dedi Mulyadi Channel mencapai Rp26 miliar dalam setahun. Lantas untuk apa saja?

Lifestyle | 21:12 WIB

Saat ini Menteri PUPR kembali menjadi sorotan warganet setelah video ngerapnya diunggah oleh akun Twitter @KemenPU di media sosial Twitter.

Metropolitan | 18:30 WIB

"Kekosongan Sekda ini karena dia dilantik ya, itu dia membantu pak Gubernur..."

Metropolitan | 17:06 WIB

"Bhabin kan terima info dari pihak Bidakara kalau ini mobil kok dari kemarin enggak bergerak posisinya. Dicek lah sama mereka, akhirnya kok ada orang di dalamnya..."

Metropolitan | 16:42 WIB

"Pokoknya dia berontak dan cuma bilang 'saya nggak tahu'. Katanya orang stres."

Metropolitan | 16:27 WIB

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut pihaknya telah kembali melanjutkan pembuatan sodetan kali Ciliwung.

Metropolitan | 14:53 WIB

Jefri Nichol yang mendapat tantangan tersebut, langsung menerimanya.

Gosip | 07:25 WIB

"Masih ada berapa kandidat lagi Kol?" tanya warganet.

Gosip | 07:15 WIB

Para artis punya yang unik saat mereka masih pacaran.

Gosip | 07:15 WIB

Hyuna dan Dawn memilih putus setelah enam tahun pacaran.

Gosip | 07:00 WIB

Kenny Austin memulai kariernya lewat kontes L-Men of The Year 2014.

Gosip | 06:30 WIB
Tampilkan lebih banyak