Jelang Puncak G20, Mahasiswa dan Element Masyarakat di Denpasar Gelar Kampanye Bijak Gunakan BBM

Dijelaskannya, isu energi merupakan salah satu isu dalam pembahasan KTT G20 November 2022 di Bali. Sehingga pihaknya mengajak masyarakat Bali bergembira bersama dalam akan terselenggaranya KTT G20. Diharapkan agar G20 memberikan dampak positif.

Nome
Minggu, 06 November 2022 | 21:01 WIB
Jelang Puncak G20, Mahasiswa dan Element Masyarakat di Denpasar Gelar Kampanye Bijak Gunakan BBM
Mahasiswa dan Element masyarakat gelar kampanye terkait bijak gunakan BBM. ((istimewa))

Suara Denpasar-Sejumlah element dari kelompok mahasiswa dan masyarakat Bali, menggelar kampanye di monumen Bajra Sandhi, Renon, Denpasar pada Minggu (6/11/2022). Dalam kampanye yang digelar oleh Kesatria Muda Respublika itu, mereka menyuarakan agar masyarakat bijak menggunakan BBM.

"Dalam kegiatan ini pentingnya di laksanakan untuk membubuhkan nilai-nilai persatuan dan pemahaman mengenai pentingnya masyarakat bijak dalam menggunakan BBM," kata Iwan Bento Wijaya, selaku Ketua Dewan Pembina Pimpinan Pusat Kesatria Muda Respublika.


Dijelaskannya, isu energi merupakan salah satu  isu dalam pembahasan KTT G20  November 2022 di Bali. Sehingga pihaknya mengajak masyarakat bali bergembira bersama dalam akan terselenggaranya KTT G20. "Dalam KTT G20, energi adalah salah satu isu strategis pada pembahasan negaranegara anggota G20," ujarnya.  


Lanjut dia, saat ini dunia sedang menghadapi berbagai isu krisis salah satunya krisis energi. Krisis tersebut di latar belakangi oleh berbagai faktor. Dimulai dari Konflik Rusia-Ukraina yang menimbulkan beberapa efek signifikan terhadap ekonomi dan keniakan harga komuditi energi. Selain itu pengaruh besar lainnya yakni sanksi Uni Eropa dan AS terhadap Rusia untuk melarang pasokan minyak Rusia untuk masuk pada pasar dagang global.

Baca Juga:Pemuda di Denpasar Beli Perangkat Televisi di Toko On Line, Yang Datang Malah Sebungkus Garam Dapur

Berkurangnya pasokan minyak dunia dimana negara OPEC+ mengurangi produksi minyak mentah hingga 2 juta barel per hari pada bulan November 2022. Adanya ketegangan Rusia-Ukraina serta China-Taiwan membuat jalur distribusi komuditi minyak mentah mengalami gangguan dalam pendistribusian komuditi. 


Gagalnya penambahan pasok minyak dunia berasal dari Iran karena Amerika Serikat membatalkan renegosiasi perjanjian nuklir. Selain itu, penyesuaian harga BBM juga dimaksudkan untuk mengurangi beban APBN yang semakin berat. Berdasarkan Perpres No. 98 tahun 2022, negara memberikan subsidi dan kompensasi BBM sebesar Rp502,4 triliun, nilai yang sangat besar jika dibandingkan dengan APBN tahun 2022 sebelumnya. 


Sementara itu, kegiatan itu juga dihadiri oleh organisasi Serikat Pekerja Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bali, Badung. Dalam kesempatan itu,  Ketua serikat, Ayu Budiasih mengatakan 85 persen Anggita serikat ya mendaoatkan subsidi BBM.

"Kalau di Bali sendiri anggota kami karena langsung berhubungan dengan kementerian hampir 85 persen dapat. Ada beberapa yang tidak dapat karena masalah update data," katanya.


Dijelaskannya bahwa anggota serikat ya berjumlah 12 ribu orang. Mayoritas pekerja pariwisata, travel Agent, rekreasi dan ekonomi kreatif.

Baca Juga:Terkuak! Lokasi Video Porno Wanita Kebaya Merah Ternyata di Surabaya, Polisi Ungkap Aksi Mereka di Kamar Hotel

"Kepada pemerintah kita harapkan memberikan pelatihan yang dalam artian untuk berdayaguna kepada pekerja. Kita tidak memungkiri bahwa subsidi itu penting, tetapi yang paling penting adalah dengan memberikan pelatihan. Berikan ranyat itu skill sehingga dia bisa menghasilkan nilai value bagi dirinya sendiri. Karena kalo dengan uang kan cuma hari itu saja. Tetapi kalo pemerintah mau memberikan skill dan membuka lapangan pekerjaan yang lebih banyak itu yg lebih penting," jelasnya.

Bali

Terkini

Marc Klok adalah salah satu gelandang Persib Bandung yang merupakan pemain naturalisasi, PSM Makassar adalah klub pertamanya di Indonesia

Olahraga | 04:29 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, diundang oleh CEO MNC Grup, Hary Tanoesoedibjo dalam acara MNC Forum LXX (70) di Jakarta Concert Hall, INews Tower, Senin 29 Mei 2023.

News | 04:00 WIB

Teddy Tjahjono tidak lagi menjabat sebagai direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB).

Olahraga | 03:56 WIB

Menjelang Pilkada 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur akan menerima dana hibah sekitar Rp36 miliar

News | 22:56 WIB

Haji Faisal akhirnya membuka suara setelah anaknya, Fadly Faisal terus dituding menyembunyikan Rebecca Klopper.

Lifestyle | 21:59 WIB

Maxime Bouttier, aktor film Indonesia itu kini sedang hangat jadi perbincangan publik karena dikabarkan dekat dengan mantan kekasih Ariel NOAH, Luna Maya.

Lifestyle | 20:51 WIB

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo secara resmi telah meluncurkan logo IKN (Ibu Kota Nusantara) di Istana Negara, Jakarta, Selasa, (30/5).

News | 20:45 WIB

Mengawali latihan perdana Persija Jakarta di Nirwana Park pada sore kemarin (29/5/2023), pelatih Persija Thomas Doll telah tiba di Indonesia sehari sebelumnya.

Olahraga | 20:42 WIB

Meski dimakan usia, Krisdayanti tetap terlihat cantik, awet muda, dan memiliki bodi aduhai. Adik Yuni Shara ini punya rahasia menjaga tubuhnya agar tetap tampil menarik.

Lifestyle | 20:34 WIB

Di hadapan awak media, Natasha Rizky nyaris menangis saat membeberkan bagaimana perlakuan Desta selama mengarungi bahtera rumah tangga bersamanya.

Lifestyle | 20:13 WIB

"Sudah ditetapkan sebagai tersangka penyebab kecelakaan."

Metropolitan | 00:25 WIB

Saat itu terduga pelaku Sukron masih sempat meminta maaf, dan mau bertanggung jawab.

Metropolitan | 18:58 WIB

Di area UI, Beam Rover beroperasi pada pukul 05.0023.00 WIB.

Metropolitan | 18:00 WIB

Dengan dibentuknya Satgas Terpadu Penilaian Gedung dan Nongedung, diharapkan kita dapat bersama-sama mengurangi risiko gempa bumi," ujar Heru.

Metropolitan | 17:13 WIB

"Jadi dimasukkan ke dalam kotak, terus diikat di dalam kotak, di dalam kardus dibawa menggunakan motor, dibuang di TKP kedua (kolong Tol)."

Metropolitan | 16:35 WIB

Agensi angkat bicara mengenai akun Instagram Lee Seung Gi.

Gosip | 06:00 WIB

Pakaian yang ditampilkan Stella Ou Yang tidak melulu bermerek atau berharga mahal.

Gosip | 01:38 WIB

Indra Bekti dan Aldilla Jelita masih butuh waktu introspeksi diri sebelum membicarakan kemungkinan rujuk.

Gosip | 23:10 WIB

Inara Rusli menyebut nafkah yang diberikan Virgoun tidak mencukupi segala kebutuhan tiga anaknya.

Gosip | 23:08 WIB

Lesti Kejora ngaku tak tahu harga mirophone-nya yang membuat Ahmad Dhani penasaran karena dibelikan Rizky Billar.

Gosip | 22:51 WIB
Tampilkan lebih banyak